You are here
Home > ADVERTORIAL > Untuk Keselamatan Pertambangan di Gosowong, NHM Gelar Apel Pagi dan Inspeksi Bersama 

Untuk Keselamatan Pertambangan di Gosowong, NHM Gelar Apel Pagi dan Inspeksi Bersama 

HALMAHERA UTARA – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) gelar kegiatan Apel pagi dan Inspeksi Bersama Keselamatan Operasional Pertambangan di tambang Emas Gosowong, pada beberapa pekan lalu di wilayah kerja PT NHM Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara.

Gelar kegiatan Apel pagi ini dilaksanakan NHM atas dasar menanggapi Naskah Dinas Direktorat Jenderal Mineral & Batubara Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (KESDM) No. 18.E/MB.07/ DBT.KP/2023 kepada para Kepala Teknik Tambang (KTT) semua perusahaan pertambangan Indonesia. Dalam edaran tersebut, semua KTT dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah kecelakaan tambang.

Situasi menjelang akhir tahun biasanya diisi dengan berbagai inisiatif peningkatan aktivitas pencapaian target produksi di kala libur Natal dan Tahun Baru, yang membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga keberlangsungan operasional yang tetap aman, selamat, efisien, dan produktif.

Pimpinan Apel, Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM Rado Lawolo, dalam sambutan yang merupakan inti acara Apel Pagi itu di depan para karyawan dan mitra kerja NHM yang menjadi peserta apel, menyampaikan apresiasi Manajemen NHM kepada para karyawan, “Terima kasih atas dedikasi, loyalitas, kerja keras dan komitmen tinggi yang telah ditunjukkan seluruh karyawan dalam mengarungi tahun 2023 yang sangat penuh tantangan bagi NHM, di mana kita tetap mampu mencatat prestasi-prestasi membanggakan dalam penerapan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik,” pujinya.

Rado juga sampaikan penghargaannya terhadap respon sigap seluruh unit kerja di NHM terhadap temuan tim Pembinaan & Pengawasan (Binwas) KESDM, yang baru-baru ini melakukan rangkaian kegiatan observasi di Gosowong.

“Dimana semua temuan tim Binwas telah ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat. Ini merupakan bukti dari kolaborasi yang baik dari semua departemen, sehingga NHM mendapat apresiasi yang sangat baik dari pihak KESDM,” ujarnya.

Dalam upaya terus meningkatkan keunggulan dalam penerapan Good Mining Practices (GMP), Rado menginformasikan bahwa NHM telah menetapkan sasaran berikutnya untuk masuk nominasi dalam semua 5 Aspek GMP, termasuk Keselamatan Pertambangan dan Standarisasi & Jasa Usaha.

Selain itu, NHM juga dalam upaya meraih rating PROPER Hijau “Beyond Compliance”. Saat ini, NHM telah mengantongi PROPER Biru dan berkomitmen untuk melampaui syarat-syarat kepatuhan.

Pada akhir sambutan, Rado mewakili Manajemen NHM menyampaikan ucapan selamat merayakan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, seraya mengingatkan semua pihak untuk tetap menjaga kewaspadaan dan keselamatan di lingkungan kerja, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Selesai Apel Pagi, para anggota jajaran Manajemen NHM membagi diri ke dalam beberapa tim, dan langsung melakukan kunjungan ke berbagai area kerja untuk melakukan Inspeksi Bersama Keselamatan Operasional Pertambangan.

Diberbagai titik lokasi aktivitas kerja, tim langsung mengamati berbagai kegiatan kerja dan berinteraksi langsung dengan para pekerja di lokasi untuk memastikan terpenuhinya berbagai aspek K3L.

Tim melakukan pengecekan dari mulai kelengkapan dokumen kerja dan sertifikasi, perlengkapan keselamatan keadaan darurat, hingga penerapan prosedur kerja standar dari setiap kegiatan yang diamati.

Dari inspeksi tersebut, ditemukan beberapa temuan yang memerlukan perbaikan.

Temuan-temuan tersebut tentunya menjadi peluang dan kesempatan bagi tim yang bersangkutan untuk mendiskusikan dan menetapkan cara-cara kerja yang semakin aman, selamat, sehat, efisien dan efektif.

Kegiatan Apel Pagi & Inspeksi Bersama Keselamatan Operasional Pertambangan ini diharapkan Manajemen NHM tidak hanya sebagai bentuk tanggung jawab terhadap para pekerja saja, tetapi juga sebagai kontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan industri pertambangan di Indonesia, yang tentunya membutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

“Ini dalam upaya bersama mewujudkan standar-standar dan budaya Keselamatan & Kesehatan Kerja dalam operasional pertambangan di Indonesia,” tutupnya.(Jefry/SMG)

Leave a Reply

Top