You are here
Home > HUKRIM > Polsek Jalsel Kembali Laksanakan Kegiatan Syi’ar Jum’at Kamtibmas

Polsek Jalsel Kembali Laksanakan Kegiatan Syi’ar Jum’at Kamtibmas

JAILOLO – Pasca melakukan Kegiatan Syi’ar Jum’at Kamtibmas di Masjid Al-Jihadiyah, desa Bangkit Rahmat. Kini Jumat(2/2/2024) tadi, Polsek Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, kembali melaksanakan Kegiatan Syi’ar Jum’at Kamtibmas di Masjid AT-TAQWA Desa Sidangoli Dehe Kecamatan Jalsel.

Kepada Jurnalone.id, Kapolsek Jalsel Iptu Sunarto, S.H., M.H. menyampaikan, bahwa selama melaksanakan tugas di Kecamatan Jalsel, ada beberapa hal yang berkaitan dengan Harkamtibmas
yang di jadikan sebagai bahan evaluasi oleh Polsek Jalsel.

Secara umum, Harkamtibmas dalam keadaan aman terkendali dan kondusif, namun masih terdapat beberapa permasalahan yang di temukan, seperti adanya warga yang meminum minuman keras jenis Cap Tikus. Hal ini tentunya menjadi tugas kita semua baik dari pihak Kepolisian, Pemdes, para tokoh lebih khusus para orang tua agar tidak bosan-bosan memberikan Nasehat kepada anak-anak, karna setiap perbuatan yang tidak terpuji akan berdampak sosial dan berdampak hukum.

“Sudah banyak contoh wujud perbuatan melawan hukum akibat dari mengkonsumsi Minuman Keras, karena memang hampir rata-rata kejadian atau peristiwa kejahatan yang terjadi awalnya dipicu karena pengaruh Minuman Keras,”jelasnya, Iptu Sunarto.

Dirinya menyampaikan, bahwa Polsek Jalsel bersama Pemdes Sidangoli Dehe tengah melaksanakan Program Jum’at Curhat di Pasar Barito.

“Jadi, pada saat kita melakukan Kegiatan itu, ada salah satu ibu-ibu yang mengadu bahwa tempat dagangannya telah di bobol oleh Orang Tak di Kenal (OTK). Ibu itu menyampaikan, bahwa di Pasar dagangannya sering hilang dicuri seperti Ikan, Rica, bawang, Kompor dan alat timbangan. Hal ini tentunya sangat disayangkan, ibu-ibu yang mencari nafkah dengan berjualan atau berdagang dengan keuntungan yang tidak seberapa kemudian dagangannya dicuri oleh orang yang tidak dikenal (OTK),”ujarnya.

Oleh sebab itu, Kata Kapolsek, kepada semua pihak untuk turut membantu menjaga keamanan dilingkungan masing-masing, bila perlu hidupkan kembali Pos Ronda atau Pos Kamling di setiap lingkungan RT untuk menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Diakhir penyampaian, dirinya juga mengimbau kepada para Jama’ah yang hadir bahwa selang beberapa hari lagi dimana momen Pemilihan Umum akan berlangsung.

“Maka dari itu, saya mengajak kepada Seluruh Jama’ah sholat Jum’at, kiranya dapat menghadirkan kesadaran kepada diri sendiri untuk menanamkan perilaku kebaikan dengan menjalankan kehidupan sesuai norma-norma yang berlaku. Saya juga mengajak kepada kita semua seraya bermunajat Kepada ALLAH SWT, memohon pertolongannya dan mengharapkan Ridhonya dengan niat tulus agar supaya pada saat pemilihan berlangsung dapat berjalan lancar, aman, terkendali dan kondusif serta dijauhkan dari segala Musibah Malapetaka dan juga Marabahaya,”ungkapnya.(red)

Leave a Reply

Top