You are here
Home > KESEHATAN > Wujudkan Program Bupati Dan Wabup, Puskesmas Sidangoli Salurkan Kartu Halbar Sehat

Wujudkan Program Bupati Dan Wabup, Puskesmas Sidangoli Salurkan Kartu Halbar Sehat

JAILOLO – Untuk mewujudkan Program Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat, terkiat “Halbar Sehat”. Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) melalui Puskesmas Sidangoli mendistribusikan Kartu Halbar Sehat kepada masyarakat di Kecamatan Jailolo Selatan.

Pendistribusian Kartu Halbar Sehat dilakukan langsung oleh Kepala Puskesmas Sidangoli, Sofyan Labuha, kepada Masyarakat desa Tataleka. Rabu(31/1/2023).

Kepala Puskesmas Sidangoli Sofyan Labuha, kepada Jurnalone.id, mengatakan, untuk mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Halbar di bidang kesehatan, Puskesmas Sidangoli mendistribusikan Kartu Halbar sehat sebagai kartu pengganti dari kartu BPJS.

“Merespon Program Halbar Sehat, Selama dua hari ini kita bagikan kartu Habar Sehat sebagai pengganti dari kartu BPJS yang kurang lebih 500 ratus kartu. dan untuk hari ini kami fokus bagikan di desa Tataleka,”katanya.

Kata dia, Kartu ini fungsinya sama dengan kartu BPJS. “Jadi karna tidak ada percetakan untuk kartu BPJS, maka Pemerintah Daerah mengambil alih untuk bagaimana menyediakan kartu sehingga masyarakat juga merasa puas memiliki kartu ketika berobat di RSUD bahkan Puskesmas,”tuturnya.

Ia bilang, ketika dirinya dikasih tanggung jawab hampir 1 tahun 2 bulan, untuk kepesertaan BPJS itu masih berada diangka 10 ribu, dan melalui kerja sama tim Puskesmas Jalsel, dan sampai pada Januari 2024, pengguna BPJS di Jalsel mencapai mencapai 15.508.00.

“Maanfaat dari pembagian kartu Halbar sehat itu, bagaimana Pemerintah mau masyarakat menggunakan fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan, karena kebanyakan masyarakat terbentur dengan anggaran, sehingga dengan adanya kartu Halbar Sehat ini bisa membantu untuk meringankan beban masyarakat,”cetusnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, bahwa kartu Halbar Sehat ini bukan hanya menjadi isi dompet saja, tetapi bagaimana bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan kesehtaan.

Sementara, Kepala Desa(Kades)Tataleka Aljufri Jamin, menambahkan, terkait dengan pembagian kartu Halbar Sehat, selaku Kepala desa sangat merespon baik, dan juga memberikan apresiasi dengan program yang di gagas oleh Bupati dan Wakil Bupati Halbar.

“Untuk itu saya berharap, kepada Pemda agar supaya lebih meningkatkan lagi program Halbar Sehat ini, supaya masyarakat bisa merasakan dampak dari program itu sendiri,”tandasnya.(J0-1)

Leave a Reply

Top