You are here
Home > PARIWISATA > Festival Teluk Jailolo Kembali Masuk Kharisma Event Nusantara 2024

Festival Teluk Jailolo Kembali Masuk Kharisma Event Nusantara 2024

JAILOLO – Setelah melalui proses kurasi yang cukup ketat, akhirnya Festival Teluk Jailolo( FTJ) kembali lolos masuk dalam Kharisma Event Nusantara(KEN) 2024 yang secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno pada sabtu 27 Januari di Gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) Jakarta.

KEN merupakan Program Strategis dari Kemenparekraf RI dengan menyeleksi ribuan event yang ada di Indonesia melalui Para Kurator atau Pakar-pakar yang berkompeten di bidangnya masing masing sehingga terpilih 110 Event unggulan Indonesia yang berkualitas.

Olehnya itu, dengan masuknya FTJ dalam KEN 2024 tentu merupakan kebanggaan bagi Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Halmahera Barat. Untuk Provinsi Maluku Utara, yang lolos KEN 2024 yaitu FTJ dan Festival Tanjung Waka Kepulauan Sula.

FTJ akan dilaksanakan tanggal 5 sampai dengan 8 Juni 2024 dengan mengusung Tema Culture for Future, suistainable and Investment yang menggambarkan FTJ yang berakar pada pelestarian nilai budaya dan tradisi leluhur dipersembahkan melalui kreativitas dan keterlibatan masyarakat, keberlanjutan dalam aspek sosial dan lingkungan serta menjadi investasi ekonomi untuk masa depan Halmahera Barat yang lebih maju dan mandiri.

Hadir dalam launching KEN semalam yaitu Bupati Halmahera Barat yang diwakili Oleh Wakil Bupati Djufri Muhamad didampingi Kepala Disparpora Fenny Kiat, Kepala Penghubung dan Sespri Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap, melalui FTJ tahun ini, bisa lebih menggali potensi budaya dan kearifan lokal masyarakat Halmamera Barat sebagai warisan leluhur dan juga menggerakkan ekonomi kreatif sebagai sumber pendapatan masyarakat. Dengan adanya FTJ, maka diharapkan juga kunjungan wisatawan semakin meningkat dan berdampak pada perekonomian daerah.

Disisi lain Kepala Dinas Parpora Fenny Kiat, menyampaikan Apresiasi dan terima kasih kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan seluruh jajaran Pemda dan secara khusus kepada seluruh masyarakat Halmahera Barat atas doa restu serta support yang luar biasa sehingga FTJ bisa kembali terpilih dalam KEN 2024. “Itu artinya FTJ telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi secara langsung dari Kemenparekraf sebagai event unggulan yang berkualitas. Saya berharap kita semua bisa terus berkolaborasi untuk menyukseskan event kebanggaan ini. Semoga kedepan, FTJ akan terus melahirkan konsep-konsep inovatif dan bisa bersaing di level mancanegara,”tuturnya.(red)

Leave a Reply

Top