You are here
Home > Berita > TERKINI > Plt Gubernur Malut Al Yasin Ali  Hadiri Peringatan Hari Dharma Samudera

Plt Gubernur Malut Al Yasin Ali  Hadiri Peringatan Hari Dharma Samudera

TERNATE – Plt. Gubernur Maluku Utara, Ir. Al Yasin Ali. M.MT. menghadiri upacara peringatan hari Dharma Samudera sekaligus tabur bunga bertempat di kawasan pelabuhan perikanan bastiong, Senin (15/1/24).

Peringatan hari Dharma Samudera untuk mengenang pertempuran laut arafura pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan coretan tinta emas dalam lembaran sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Turut hadiri dalam upacara tersebut, Kaploda Malut, Danrem 152 Baabullah, Kabinda Malut, Kepala BNN Malut, Wakapolda Malut, Kepala Pengadilan Tinggi Malut, mewakili Walikota Ternate, para perwira, bintara dan tamtama AL, serta tamu undangan lainya. Bertindak sebagai inspektur upacara (irup) Danlanal Ternate, Kolonel MAR. Ridwan Azis.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr.Muhammad Ali, melalui amanatnya yang dibacakan oleh Danlanal Ternate, mengatakan sejak negara kesatuan republik Indonesia diproklamasikan, kesadaran akan kedaulatan wilayah laut sudah terpatri dalam sanubari para pendiri bangsa.

Laut merupakan media pemersatu wilayah kepulauan yang didalamnya
terkandung sumber kekayaan alam dan tempat penghidupan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, kedaulatan wilayah laut harus ditegakkan meski harus dibayar dengan pengorbanan jiwa dan raga.

Melalui Danlanal Ternate, KASAL, menyampaikan pada masa perang kemerdekaan,keterbatasan alutsista bukan menjadi halangan bagi para prajurit jalasena untuk mempertahankan integritas wilayah laut dari ancaman angkatan laut musuh.

Pada puncaknya, pertempuran laut arafuru 15 januari 1962, menjadi coretan tinta emas dalam lembar
sejarah perjalanan bangsa indonesia. pekik
“kobarkan semangat pertempuran”, yang
digaungkan komodor Yossudarso, menggambarkan heroisme para pahlawan
sebagai pelopor semangat mewujudkan kemerdekaan bangsa.

Dirinya menjelaskan, bahwa peristiwa heroik tersebut bukan hanya sekedar peringatan sejarah, melainkan perwujudan semangat rela berkorban. perjuangan mereka dalam memperjuangkan atas segalanya, tidak sejarah kejayaan bangsa maritim namun menyiratkan betapa nilai-nilai luhur kepahlawanan merupakan jati diri sejati prajurit matra laut.

“Saya menekankan kepada seluruh prajurit jalasena untuk dapat mengaktualisasikan nilai- nilai patriotisme, kejuangan, kepahlawanan dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pahlawan, sebagai landasan utama dalam
menjawab setiap tantangan yang semakin kompleks diera digitalisasi Sekarang Ini,” ujar Danlanal saat membacakan amanat KASAL.

KASAL Muhammad Ali juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada selururuh prajurit jalasena. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit jalasena
dimanapun berada dan bertugas yang telah mempersembahkan dedikasi terbaik demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan negara, serta keselamatan segenap bangsa. (rls/SMG)

Leave a Reply

Top