You are here
Home > PEMERINTAHAN > Plt Gubernur Malut Ingatkan Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Anggaran

Plt Gubernur Malut Ingatkan Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Anggaran

TERNATE РPlt Gubernur  Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali M.MT menghadiri kegiatan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kepatuhan di Provinsi dan Kabupaten Kota semester II tahun 2023.

Penyerahan LHP ini dilaksanakan di Auditorium lantai II Kantor BPK Perwakilan Malut pada, Jumat (12/1/24).

Plt Gubernur setelah menerima LHP melalui sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada kepala BPK Perwakilan Maluku Utara dan beserta jajaran yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan terhadap penyelenggaraan keuangan Negara dan daerah.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada para kepala daerah yang telah kooperatif mendukung kinerja BPK selama pemeriksaan berlangsung,” ucap Al Yasin.

Dari sejulah LHP yang diserahkan pada hari ini, Lanjut Al Yasin, tentunya bersyukur karena telah menerima hasil pemeriksaan atas pengelolaan berbagai anggaran.

Menurutnya, penyerahan LHP Kepatuhan Atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022 dan tahun 2023 ini, merupakan bahan untuk instrospeksi Pemerintah provinsi dan Kabupaten dan kota di Maluku Utara agar dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan Belanja Daerah.

“Saya berharap, di masa mendatang, Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara dapat lebib meningkatkan lagi kualitas pengelolaan anggaran pemerintahan,” ungkapnya.

Selain itu, Plt Gubernur juga berharap adanya dukungan atas kerjasama dari semua pihak, serta bimbingan dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPK Perwakilan Malut, Marius Sirumapea mengatakan, sesuai dengan Pasal 4 UU Nomor 15 tahun 2004 BPK diberikan kewenangan untuk melakukan tiga jenis pemeriksaan yakni pemeriksaan laporan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Dirinya menjelaskan, pada semester II tahun 2023 telah dilakukan pemeriksaan pada 11 objek yang terdiri dari 9 pemeriksaan tertentu yaitu pemeriksaan proses penganggaran dan belanja daerah dan dua pemeriksaan kinerja.

“Kami sampaikan pemeriksaan kinerja dan kepatuhan bertujuan untuk memberikan kesimpulan dan rekomendasi,” ucapnya.

Marius juga berharap tetutama proses penganggaran dan pengadaan belanja agar segera ditindaklanjuti.

Selain itu kata Marius, dilaksanakannya penyerahan LHP pada hari ini atas 11 objek pemeriksaan, 9 PDTT, sementara 3 di Provinsi dan yang lainnya tersebar di Kabupaten Kota kecuali Halmahera Timur dan Pulau Morotai yang tidak ada pemeriksaan di tahun 2023 semester II.

Turut hadir pada kegiatan penyerahan LHP, Wakil Ketua DPRD Provinsi Malut, Sahril Taher, Wali Kota Ternate, Bupati Halmahera Utara, Bupati Halsel, Wakil Bupati Kepulauann Sula, Sekkot Tidore Kepulauan, Sekda Halbar, Sekda Taliabu, Pj, Bupati Halteng, para pimpinan DPRD Kabupaten dan Kota dan sejumlah Pimpinam OPD Malut.(rls/SMG)

Leave a Reply

Top