You are here
Home > Berita > TERKINI > Bupati Dan Wabup Halbar Sambut Kedatangan Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra

Bupati Dan Wabup Halbar Sambut Kedatangan Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra

JAILOLO – Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra melakukan kunjungan kerja keagamaan di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara (Malut), Jumat 12 Januari 2024.

Kedatangan Uskup Amboina Mgr Seno Ngutra disambut Bupati james Uang dan Wakil Bupati Djufri Muhammad dengan jabat tangan sambil mengalungkan syal.

Selain itu, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu istimewanya, Pemkab Halbar juga menyuguhkan tarian tradisional khas Halbar.

Setibanya di kantor Bupati Halbar, pimpinan tertinggi umat Katolik Wilayah Maluku dan Maluku Utara itu, langsung diarahkan menuju Gereja Katolik St.Fransiskus Xaverius Halmahera barat di desa Tedeng.

Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra kepada awak media Jumat(12/1/2024) menyampaikan, bahwa kunjungan di Halmahera Barat merupakan agenda rutin disetiap tahun, dan untuk di tahun 2024, kunjungan tersebut difokuskan pada tiga Daerah yakni, Halbar, Halut dan Haltim.

“Tujuan dari kunjungan ini adalah mengunjungi umat katolik untuk memberikan kekuatan iman kepada mereka dan juga menghadiri acara seremonial yang dilakukan oleh beberapa gereja katolik di Halbar,”kata, Uskup Amboina Monsinyur Seno Ngutra.

Dirinya menyatakan, secara eksternal, kunjungan ini juga untuk mempererat silaturahmi antara umat beragama khususnya kegiatan anak dan remaja lintas agama.

“Kegiatan ini melibatkan anak,-anak semua agama mereka datang untuk bergembira, dengan tujuan dimasa yang akan datang anak-anak ini sudah bisa menghargai perbedaan dan hidup aman, damai sebagai warga negara Indonesia,”tuturnya.

Disisi lain, dia menyampaikan, bahwa kunjungan yang dilaksanakan ini juga bertepatan dengan tahun politik sehingga kehadiran ini juga memberikan rasa nyaman bagi umat katolik di Halbar.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat terutama umat katolik untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan pada tanggal 14 Februari 2024 nanti,”ujarnya.

Sementara Bupati Halbar James Uang, menyambut baik kunjungan Uskup di Halbar. Menurut James, kunjungan Uskup tersebut merupakan kunjungan tokoh agama, dalam konteks kemitraan antara pemerintah daerah dan tokoh-tokoh agama sehingga Pemda menyambut baik kedatangan Uskup di Halbar.

“Semoga kehadiran Uskup selaku tokoh di katolik ini membawah kesejukan dan keteduhan bagi umat katolik untuk menghadapi tahun politik,”tandasnya.(J0-1)

Leave a Reply

Top