You are here
Home > ADVERTORIAL > Diperkenalkan Toguraci Shallut Dalam Event MGEI 2023 Oleh NHM dan PTPJ

Diperkenalkan Toguraci Shallut Dalam Event MGEI 2023 Oleh NHM dan PTPJ

HALMAHERA UTARA – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dan PT Puncak baru Jayatama (PTPJ) menjadi salah satu tamu undangan dalam event tahunan bertajuk “15 th MGEI Annual Convention 2023, Bridging Discovery to Resource Extraction Optimization: Exploring Brownfields, Enhancing Production Geology” di Merumatta, Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 5-6 Desember 2023.

Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) merupakan anak organisasi yang dinaungi oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sebagai forum ahli geologi Indonesia di bidang geologi ekonomi dan pengembangan sumber daya mineral, untuk mencapai peningkatan profesionalisme dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Rendy Nurdianto Deputy Manager Exploration, sebagai perwakilan NHM dan PTPJ pada kegiatan MGEI 2023, menjelaskan tentang perjalanan dan pencapaian tim Near-Mine Exploration di Gosowong dengan ditemukannya sumber daya Toguraci-Shallut hingga mencapai 1 juta ounces pada akhir tahun 2022 dengan judul presentasi “Gosowong Near-Mine Discovery of The Toguraci-Shallut Deposit: Confidence and Courage of Exploration Spirit”.

Kegiatan ini, kata Rendy, diramaikan dengan eksibisi dari para badan usaha eksplorasi dan pertambangan, konsultan, kontraktor dan vendor yang bermitra di dunia eksplorasi dan pertambangan, termasuk antusiasme pengunjung saat hadir di stand PTPJ yang merupakan salah satu bagian dari Grup PT Indotan Halmahera Bangkit (PT IHB).

“Tim PTPJ yang berjaga di stand diwakili oleh Yogi Ali Taufan dan Giri Hartono menampilkan beberapa keunggulan PTPJ di bidang eksplorasi, seperti Survey Geofisika, Manajemen Eksplorasi hingga Sumberdaya dan juga beberapa contoh batuan bijih dari hasil pengeboran Toguraci-Shallut,” katanya, Jumat (29/12).

Kegiatan ini pun dihadiri Wakil Kepala Pusat Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI Dr. Muhammad Wafid A.N, M.Sc. Sekjen Kementerian ESDM Dr. Ir. Dadan Kusdiana M.Sc dan Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makkasau sebagai co host event.

” Sebanyak 25 speaker dan sekitar 300 peserta turut hadir dari kalangan mahasiswa, profesional geologis dan tambang dari seluruh perusahaan tambang batu bara dan mineral di Indonesia,” kata dia.

Ia mengaku bersyukur, bersama Mukhlis Saputro dan tim Ekplorasi golongan mewakili GM Exploration, untuk memaparkan poin-poin penting mengenai perjalanan, berbagai tantangan dan pencapaian eksplorasi hingga menghasilkan sumber daya yang luar biasa di deposit Toguraci – Shallut selama 2020-2022 dan respons sangat positif dari para ahli geologi Indonesia yang hadir saat itu.

“ Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat, memberikan pengetahuan baru, inspirasi, semangat bagi mahasiswa, para profesional, baik ilmuwan geologi dan tambang di seluruh Indonesia, termasuk para geologist di Gosowong,” harapnya.

“Ini tidak terlepas dari dukungan penuh Bapak Haji Robert Nitiyudo Wachjo, seluruh jajaran Manajemen PT IHB, NHM, PTPJ, tim eksplorasi dan seluruh departemen yang terlibat yang pada akhirnya dedikasi ini memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan Tambang Emas Gosowong dan kebermanfaatan bagi masyarakat, bangsa dan negara di masa mendatang,” tutupnya. (Jefry/SMG)

Leave a Reply

Top