You are here
Home > Berita > BUDAYA > Menhub Budi Karya Sumadi: Hari Nusantara di Tidore Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah

Menhub Budi Karya Sumadi: Hari Nusantara di Tidore Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah

TIDORE – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi berharap Hari Nusantara menjadi arus utama pemerataan pembangunan nasional di wilayah Indonesia Timur. Hal itu disampaikan Budi saat  menghadiri puncak Hari Nusantara tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Rabu (13/12/2023).

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku, Hari Nusantara bertujuan memperingati lahirnya deklarasi juanda tentang wilayah kedaulatan laut Indonesia. Semangat Hari Nusantara menjadi momentum yang tepat meningkatkan konektifitas antar pulau yang dapat meningkatkan sektor perekonomian dan daya saing.

Olehnyan itu pembangunan infrastruktur transportasi harus dilakukan secara merata hingga daerah Tertinggal, Terpencil, dan Terluar (3T).

Menhub mengatakan, Hari Nusantara mengangkat tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”. Untuk itu Menhub mengajak seluruh kita semua agar merenugi bersama tema yang penuh makna tersebut, komitmen kita bersama agar Indonesia nusantara Berjaya.

“Statemen ini harus diingat dan di catat lalu kita maknai bersama dan rempah-rempah dikala itu menjadi suatu pusat seluruh kegiatan di Indonesia ini. Oleh karenanya Kepulauan Tidore dapat didorong menjadi salah satu Kawan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Saya berikan satu pemahaman bahwa konektifitas menjadi satu keharusan disektor kelautan dan maritime,’ kata Menhub pada sambutan Puncak Hari Nusantara di Tidore, Rabu (13/12/2023).

Dikesempatan itu juga, Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba mengatakan, bahwa pelaksanaan peringatan Hari Nusantara ke-23 di Provinsi Maluku Utara merupakan amanah negara kepada kita untuk ikut menjaga NKRI dari berbagai ancaman yang berpotensi menciptakan disintegritas bangsa.

Dirinya juga menambahakn, bahwa bagi Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara, momentum ini tidak hanya akan menjadi sebuah catatan peristiwa tahun dalam sejarah bernegara melainkan sekaligus menjadi wadah berkumpulnya orang-orang hebat dari  sambutan berbagai daerah untuk melihat dari dekat indahnya Maluku Utara dan Tidore.

“Saya sangat berterimakasih atas telah terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan sejak tanggal 10 hingga pada hari ini berjalan dengan baik. Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengucapkan terimakasih kepada Presden Republik Indonesia Joko Widodo,” ucapa Gubernur saat menyampaikan sambutannya pada acara Hari Nusantara tersebut.

Dalam kegitan itu Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan menganugerahkan tanda kehormatan setya lencana wira karya Kementrian Dalam Negeri kepada Dr. Ilham Asikin, Bupati Bantaeng Provinsi Sulawesi Selatan, H.Muhammad Basri Ali, Bupati Kepulauan Selayar, Provinsi Sulsel, H.Muhammad Nur Arifin, Bupati Trenggaleg, Provinsi Jawa Timur.

Ahmad Fauzi Wongso Yudo, Bupati Sumenap, Provinsi Jawa Timur,  Ibu Dani Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Haliana, Bupati Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs.H.M.Judas Amir, Walikota Palopo, Provinsi Sulsel, Sabar jaya pelaun Banua, Kadis Perikanan Kab. Nias Utara, Provinsi Sumatra Utara.

Tanda kehormatan setya lencana wira karya merupakan wujud apresiasi pemerintah atas keberhasilan para kepala daerah dalam pembangunan kelautan, melalui inofasi dan kebijakan sektor kelautan sehingga memberikan dampak peningkatan nilai lingkungan dan juga taraf hidup bagi masyarakat pesisir.

Puncak Hari Nusantara selain dihadiri Menhub, juga dihadiri Anggota DPR-RI, Irine Rosiana Roba, KASAL, Laksamana Muhammad Ali, Muha Sekertaris Militer Presiden. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Sultan Tidore, Husain Sjah, Sultan Ternate, Hidayat Mudafar Sjah, Pangdam Patimura, Mayjen TNI. Syafrial Psc, Irjen Kementrian ESDM, Bambang Siswanto, Kabasarnas Marsekal.Madiya TNI Kusworo, Panglima Koosudnas Marsdya TNI Ir, Tedi Rizalihadi, Danlantamal XIV, serta Walikota Tidore Ali Ibrahim, dan sejumlah kepala daerah Bupati Walikota.

Diketahui, puncak Hari Nusantara 13 Desember Tahun 2023 yang dipusatkan di Pantai Tugulufa, Kelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara  itu digelar. Ribuan warga turut menyaksikan acara pagelaran tarian kolosal, parade kapal perang TNI AL, aksi terjun payung pasukan khusus, dan para motor dan parade perahu nelayan.

Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan yang digelar pada 10 Desember 2023 hingga 13 Desember 2023 ini juga pemerintah daerah Tidore Kepualaun telah menggelar berbagai rangkaian kegiatan dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.(red/SMG)

Leave a Reply

Top