You are here
Home > POLITIK > Kertas Surat Suara Pileg dan Pilpres Tiba di Ternate Langsung Didistribusi ke Kabupaten dan Kota

Kertas Surat Suara Pileg dan Pilpres Tiba di Ternate Langsung Didistribusi ke Kabupaten dan Kota

 TERNATE – Surat suara pemilihan umum (Pemilu) Calon Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, dan Kabupaten Kota tiba di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Selasa (12/12/2023).

Melalui pelabuhan Ahmad Yani Ternate, logistik surat suara pemilu itu langsung dilakukan pembongkaran dari kontainer. Proses pembongkaran dari kontainer untuk diangkt dengan truk menuju ke KPU Kabupaten dan kota masing-masing.

Proses pembongkaran juga dipantau langsung Ketua KPUD Maluku Utara, Puja Sutamat dan sejumlah komisional KPUD, Kabupaten dan Kota, Pihak Bawaslu, dan pihak keamanan dari Kepolisian.

Ketua KPUD Maluku Utara, Pudja Sutamat menyampaikan, seluruh logistik surat suara ini langsung didistribusikan ke KPU Kabupaten dan Kota, yakni KPU Kota Ternate, KPU Kota Tidore Kepulauan, KPU Halmahera Barat, KPU Halmahera Tengah, KPU Halmahera Timur, KPU Pulau Morotai, KPU Kepulauan Sula, dan KPU Pulau Taliabu.

Sementara dua Kabupaten yakni Kabupaten Halmahera Selatan dan Halmahera Utara, akan didistribusikan melalui jalur tersendiri yang akan tiba pekan ini di pelabuhan masing-masing.

“Yang tiba di Ternate ini untuk 8 kabupaten kota, nanti 2 kabupaten (Halut) Halmahera Utara dan Bacan Halmahera Selatan jalur tersendiri,” kata Pudja Sutamat.

Ketua KPUD Malut itu menyatakan, Maluku Utara merupakan yang pertama dalam proses percetakan di kawasan Timur, hal ini disebabkan karena wilayah geografis yang cukup memiliki kendala karena kepulauan dan iklim yang tidak menentu.

“Kita beruntung karena Maluku Utara kita yang pertama dalam proses percetakannya dari kawasan Timur ini menjadi prioritas karena secara geografis kita ada tantangan iklim maritime, bulan Desember dan Januari musim ombak tapi sukur karena saat ini masih kondisi aman,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk surat suara Pileg dan Pilpres 2024 di 10 Kabupaten dan Kota di Maluku Utara berjumlah 4.875.200 lembar surat suara yang terdiri dari surat suara Calon Presiden dan Pileg.

“Jumlah total suarat suara yang disediakan yang disitribusikan ke Kabupaten dan Kota berjumlah 4.875.200 lembar surat suara, ada 5 jenis ada Presiden Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Kabupaten kota, dan DPRD Provinsi. Kita berhara surat suara ini kita memastikan bisa sampai dan aka ada proses sortir, pelipatan hingga pemapakan per TPS,” harapnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A. Karim, yang menerima langsung kedatangan logistik Pemilu 2024 itu menyatakan, seluruh surat suara telah tiba di KPU Kota Ternate dengan jumlah sebanyak 142.557 surat suara. Selanjutnya KPU akan segera melakukan proses penyortiran guna memastikan seluruh jumlah dan kondisi kertas surat suara dalam posisi tidak rusak.

“Hari ini yang tiba hanya surat suara sebanyak 139.504 sesuai jumlah DPT ditambah 2 persen jadi totalnya 142.557. Setelah disini akan kami sortir untuk memastikan jumlahnya dan jangan sampai ada yang rusak,” ujarnya.(red/SMG)

Leave a Reply

Top