You are here
Home > Berita > TERKINI > DPMPD Halbar Kembali Mengelar Sosialisasi Tekad

DPMPD Halbar Kembali Mengelar Sosialisasi Tekad

JAILOLO – Kegiatan Awareness Campaigns, sosialisasi program transformasi ekonomi kampung terpadu (TEKAD) kembali digelar. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Senin (11/12).

Kegiatan itu berlangsung di Aula Kantor Camat Jailolo, yang dihadiri Fasilitator TEKAD, Camat Setempat, dan para Kepala Desa TEKAD.

Kadis DPMPD Halbar Soni Balatjai, usai kegiatan pada sejumlah wartawan mengatakan, ada 84 desa di Halmahera Barat mendapatkan program TEKAD dari Kementerian Desa PDTT RI.

“Dasar dari program TEKAD adalah pemetaan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT RI, kemudian tujuan dari program TEKAD itu sendiri adalah transformasi ekonomi kampung terpadu,”ungkapnya.

Sebagai Ketua Tim Pelaksanaan Kegiatan (TPK) program TEKAD, Soni menjelaskan, tahap pertama melalui program TEKAD ini wajib memberikan sosialisasi kepada desa – desa lokus.

“Kami sudah memulai di Jailolo Selatan kemarin, dan hari ini di Jailolo, besok itu Sahu dan Sahu Timur, selanjutnya Ibu, Ibu Selatan dan Ibu Utara, jadi 4 tempat itu yang direncanakan melakukan sosialisasi,”ujarnya.

Mantan Kaban Bappeda ini menyampaikan, tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman kepada desa, ketika program ini disosialisasikan maka desa akan mengalami perubahan dalam tata kelolah, karena kewenangan desa yang dibantu oleh kader desa dan fasilitas kecamatan diharapkan dapat membantu desa.

“Selanjutnya desa mampu menggerakan lembaga ekonomi desa yaitu Bumdes itu sendiri, program ini juga mampu memberikan pemahaman bagaimana membangun Bumdes, dengan sedikit suplai dana ke desa sendiri tentang kelompok pemberdayaan, kemudian dana investasi dari kementerian, bahkan desa diharapkan maju pada satu tahap yang disebut dengan rumah inovasi teknologi desa. Intinya adalah peningkatan ekonomi,”tandasnya.

Ia menambahkan, program TEKAD ini sangat berkaitan dengan program Bupati – Wakil Bupati yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan program “Halbar Sejahtera”, dan program TEKAD ini sudah didahului dengan penandatangana MoU oleh Bupati pada Desember 2022.

“Setelah sosialisasikan diharapkan Desa mampu bekerja sama dengan program ini, pertama tentang tata kelola desa itu sendiri, kedua menggerakan lokomotif di desa dengan sejumlah kelompok yang dibentuk oleh desa kemudian difasilitasi oleh Bumdes,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Top