You are here
Home > KESEHATAN > Bupati Halbar Hadiri Penilaian Akreditasi Puskesmas Akelamo

Bupati Halbar Hadiri Penilaian Akreditasi Puskesmas Akelamo

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang, menghadiri kegiatan survei Akreditasi Puskesmas Akelamo, Kecamatan Sahu Timur, Senin (11/12/2023).

Kegiatan yang menghadirkan Tim Survei Akreditasi ini juga dihadiri oleh Kadis Kesehatan Halbar Novelheins Sakalaty, Camat Sahu Timur, Kapus Akelamo Kepala Desa, serta para pegawai di Puskesmas tersebut.

Bupati Halbar James Uang, dalam kesempatan itu mengatakan, proses Akreditasi untuk Puskesmas di Halbar terus dilakukan hingga meraih predikat Akreditasi. Olehnya itu, Ia berpesan fasilitas kesehatan dan komponen-komponen penunjang lainnya bakal dilengkapi, bila perlu ditambahkan.

“Kedepannya Puskesmas yang berada di Halbar dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat, sehingga pelayanan kesehatan yang menjadi salah satu prioritas dalam proses pembangunan di Halbar dapat berjalan dengan baik,” kata James.

Dia juga menegaskan, bahwa upaya yang dilakukan ini tidak terlepas dari program JUJUR yakni, Halbar Sehat dan ini akan terus dilakukan demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Barat, Novelheins Sakalaty menjelaskan,
Predikat penilaian dalam akreditasi Puskesmas itu ada empat. Pertama Dasar, kedua Madya, ketiga Utama dan keempat Paripurna.

Ia mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Puskesmas, tujuannya dari akreditasi adalah memastikan mutu pelayanan kesehatan dasar yang baik. Demi mewujudkan mutu layanan kesehatan yang baik maka perlu didukung SDM dan fasilitas memadai.

“Isyarat Permenkes 34/2022 ini sejalan dengan salah satu dari tujuh program prioritas Bupati dan Wakil Bupati yaitu Halbar Sehat. Dalam rangka implementasi Halbar Sehat, maka perlu diukur dengan standar sesuai standar pelayanan minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui lembaga pelayanan akreditasi dari Kemenkes,”ujarnya.

Novelheins berharap, dengan diakreditasinya Puskesmas, maka mutu layanan dapat ditingkatkan dan terus dijaga.

Ia menargetkan semua Puskesmas di Halmhera Barat untuk mendapatkan predikat Paripurna. Berbagai upaya pun terus dilakukan termasuk soal ketersediaan sarana prasarana dan SDM kesehatan.

“Harapan Bupati dan Wakil Bupati terkait dengan mutu layanan kesehatan dasar di masyarakat sehingga program yang dicanangkan itu dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama,”tandasnya.(J0-1)

Leave a Reply

Top