You are here
Home > PEMERINTAHAN > Peringati Hari Ibu, Staf Ahli Keuekbang Buka Acara Women’s Run 

Peringati Hari Ibu, Staf Ahli Keuekbang Buka Acara Women’s Run 

TERNATE– Gubernur Maluku Utara yang diwakili oleh staf ahli bidang Keuangan, Ekonomi dan Pembangunan (Keuekbang), Mulyadi Wowor, secara resmi melepas 109 orang peserta pelari perempuan pada acara Women’s Run, Minggu (10/12) di bilangan area zona ekonomi Landmark Ternate.

Acara women’s run yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Pemprov Malut itu adalah dalam rangka memperingati hari Ibu yang ke-95 tahun 2023.

Sebagaimana diketahui, kurang lebih 109 orang peserta pelari perempuan yang turut ambil bagian dalam acara lari sejauh 5 kilo meter tersenut dengan rute star (area Landmark – Pelabuhan A. Yani – Kompl PLN, Jln. Arnold Mononutu- Jln. Sultan Khairun – Area zona ekonomi Hypermart – Ruko Jati Land dan finish di Landmark). Para pelari yang berhasil finish dan meraih juara diberikan penghargaan medali dan bonus uang.

Staf ahli bidang Keuekbang dalam sambutanya menyampaikan bahwa woman’s run 5 kilo meter ini merupakan kick off dari rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke – 95 Tahun 2023. Hal ini kita jadikan sebagai moment awal untuk bersama – sama menjadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat kita semua.

“Olahraga khususnya lari merupakan olahraga yang bagi siapa saja dapat dilakukan, karena tidak membutuhkan alat seperti olahraga lainnya. Untuk itu, kami berharap dengan lomba ini dapat meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam menjadikan olahraga sebagai bagian dari pola hidup sehat, serta memelihara semangat kebersamaan dan juga memelihara tingkat kesegaran mental juga kebugaran fisik dari kegiatan rutinitas kita sehari-hari,” ungkapnya.

Lanjutnya, saya mengakui bahwa tidak ada prestasi dan karya para atlet besar yang lahir begitu saja, namun segalanya butuh waktu dan proses kerja keras yang tekun, sehingga semua impian dan cita-cita meraih gelar juara dapat tercapai.

“Dengan meminjam istilah Men sana in corpore sano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat), olehnya itu kaum perempuan harus memiliki tubuh dan jiwa yang sehat agar dapat melahirkan para generasi penerus yang sehat, kuat dan cerdas di masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu Kepala DP3A Malut, Musrifa Alhadar, saat dikonfirmasi terkait acara itu mengatakan bahwa, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi bagi peserta (perempuan-perempuan Malut) yang tengah mengikuti lomba lari ini.

“Tentunya sportifitas, kejujuran harus di junjung tinggi, jadi kita memberikan suatu pembelajaran khususnya perempuan Malut, bahwa segala sesuatu apa bila kita lakukan secara sportif dan jujur, maka insya Allah akan memdapatkan hasil yang baik pula,” ucapnya.

Dirinya juga mengatakan, seluruh rangkaian acara puncak hari Ibu akan dilaksanakan di Sahid Bella Hotel Ternate pada 18 Desember 2023 mendatang, dengan menghadirkan peserta dari seluruh elemen perempuan (perempuan dengan segala profesi misalnya: Dokter, Perawat, Kowad/Kowal, Polwan, Gojek Perempuan, para pejuang kebersihan dan lain sabagainya).

“Harapannya, kita melihat kembali sejarah para pejuang srikandi-srikandi Indonesia dalam memperjuangkan hak perempuan menuju pada perempuan yang berkualitas, berprestasi dan dapat menunjukan potensi dirinya. Semoga perempuan kita di Malut kedepannya semakin hebat, bisa memperjuangkan hak-haknya, bisa mengembangkan potensi diri, dan menunjukan bahwa kita perempuan adalah mitra sejajar dengan laki-laki,” tegasnya. (rls/SMG)

Leave a Reply

Top