You are here
Home > Berita > TERKINI > Launching Kaliber, Ini Harapan Bawaslu Halbar

Launching Kaliber, Ini Harapan Bawaslu Halbar

JAILOLO – Bersama Panwascam Jailolo, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Halmahera Barat, Maluku Utara, melaunching Kampung Pengawasan Pemilu Bermartabat(KALIBER). Kegiatan Launching Kaliber tersebut berlangsung di Desa Idamdehe, Kecamatan Jailolo. Sabtu (9/12/2023).

Dalam kegiatan itu turut dihadiri Kapolsek Jailolo, Mewakili Danramil Jailolo, Camat Jailolo, Ketua dan Anggota Panwascam, PKD se-Kecamatan Jailolo, Kepala Desa Idamdehe dan Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Halbar, Nimrot Lasa mengatakan, Kaliber adalah gagasan dari Bawaslu RI yang diturunkan ke Bawaslu Kabupaten/Kota dan Kecamatan untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu yang berlangsung, serta meningkatkan peran Masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

“Kata Kaliber yang digunakan oleh Bawaslu ini, karena banyak orang yang memakai istilah-istilah modern dan terlalu ramai, kemudian Bawaslu coba menggagas dan melahirkan satu kata yang mampu dibahasakan oleh Masyarakat, sehingga munculnya yang namanya Kaliber ini,”katanya.

Nimrot mengaku, Bawaslu dituntut untuk bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat agar sama-sama melakukan pengawasan pada pemilu 2024 melalui Kaliber tersebut.

Dikesempatan yang sama, Kordiv Hukum Pencegahan dan Parmas, Helni Rosiana Amo juga mengatakan, Kaliber ini tujuannya adalah, bagaimana Masyarakat bisa berperan aktif dalam pengawasan Pemilu serta menciptakan Pemilu damai.

“Kaliber ini mungkin terdengar agak asing bagi masyarakat, tetapi tagline ini adalah gabungan beberapa kata yang termasuk bahasa lokal yaitu Kampung Pengawasan Pemilu Bermartabat yang disingkat Kaliber,” Ujar Eni sapaan akrabnya.

Program yang Bawaslu gencar saat ini salah satunya adalah Kaliber. Selain itu, ada juga Kadera Besi (Kelas Demokrasi Bersama Bersinergi), Berkawan (Berdiskusi Bersama Wartawan).

“Jadi harapan besar kami, Desa Idamdehe menjadi icon atau duta pengawasan di Kecamatan Jailolo. Selain itu juga Desa ini juga bisa menjadi Desa anti politik uang atau money politics, berita bohong (Hoax) dan ujaran kebencian,”cetusnya.

Sementara, Kades Idamdehe Elias Missy secara terpisah menyatakan, atas nama Pemdes dan Masyarakat Idamdehe sangat berterimakasih kepada jajaran Bawaslu Halmahera Barat, karena telah memilih Desa Idamdehe sebagai Desa Kaliber.

“Kami bersyukur karena di Kecamatan Jailolo hanya Desa Idamdehe yang menjadi kampung Kaliber, untuk itu kami Pemdes dan Masyarakat berterima kasih kepada Bawaslu Halmahera Barat,”tandasnya.(red)

Leave a Reply

Top