You are here
Home > SOSIAL > Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewabgga Terjun Langsung Dalam Karya Bati Digelar Kodim 1501 Ternate

Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewabgga Terjun Langsung Dalam Karya Bati Digelar Kodim 1501 Ternate

TERNATE – Untuk mengantisipasi serangan berbagai penyakit, seperti  Demam Berdara Dengue (DBD), Stunting, hingga bencana banjir pada musim penghujan ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 1501 Ternate, Maluku Utara, terjunkan personil di sejumlah lokasi pemukiman warga di Kota Ternate, gelar bersih-bersih sampah, Rabu (06/12/2023).

Lokasi yang menjadi sasaran personil TNI itu menyusuri sejumlah kawasan sungai, pemukiman warga padat penduduk, dan kawasan pasar karena lokasi tersebut banyaknya tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan oleh warga sehingga dapat menimbulkan sumber berbagai penyakit.

Gerakan bersih – bersih sampah itu dihadiri langsung Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewabgga. Danrem menilai banyaknya tumpukan sampah di lokasi tersebut disebabkan minimnya kesadaran warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya sehingga harus segera diatasi agar tidak menimbulkan sumber penyakit yang berkelanjutan.

“Jadi bersih-bersih sampah ini karena kita meyakini bahwa semua kesehatan ini diawali dari kebersihan. Kalau kita bicara tentang sampah ini adalah membawa banyak penyakit, sehingga TNI AD kita komitmen mulai saat ini dan kedepan kita harus membersihkan sampah-sampah di sekitar lingkungan sambil kita mengajak masyaraka,” kata Danrem 152 Baabullah Malut itu.

Danrem menyampaikan, komitmen TNI AD dalam mencegah sumber penyakit di lingkugan warga ini diharapkan masyarakat harus sadar akan ikut menjaga lingkugan sekitar terbebas dari sampah. Apalagi kata Danrem, sampah juga merupakan bagian dari penyebab stunting di lingkungan masyarakat. Salin itu juga lingkungan yang kotor dari tumpukan sampah juga dapat membahayakan masyarakat dari bencana dampak banjir.

“Stunting pun salah satunuya dari kesehatan juga, seperti banyak lalat kemudian hingap ke makan itulah membuat tidak sehat yang bisa menyebabkan stunting juga. Harapan saya masyarakat bisa mengubah pola hidupnya sehingga membuang sampah pada tempatnya, karena kalau tidak sampah itu juga bisa berdapat pada banjir, kita tau dulu Ternate banjir gara-gara sampah,” ucap Danrem.

Danrem menegaskan, aksi yang digelar personil Korem 152 Baabullah jajaran ini juga turut melibatkan Polri dan unsur Pemerintah Kota Ternate. Selain di Ternate seluruh jajaran Kodim di wilayah Maluku Utara juga menggelar hal serupa yang merupakan printah langsung dari Panglima TNI, Kasad, dan Pangdam XVI Patimura.

“Semua Kodim jajaran saya di wilayah Maluku Utara sudah mencanangkan bersih-bersih terhadap sungai, pasar, dan tempat-tempat yang sifatnya akan menimbulkan bencana karena ini sudah printah langsung dari Panglima TNI, Kasad, dan dan Pangdam XVI Patimura,” jelasnya.(red/SMG)

Leave a Reply

Top