You are here
Home > PEMERINTAHAN > Kadis Daud Ismail dan Seluruh Pengawai Gelar Upacara Hari Bakti PUPR ke-78 Tahun, Ini Pesan Menteri

Kadis Daud Ismail dan Seluruh Pengawai Gelar Upacara Hari Bakti PUPR ke-78 Tahun, Ini Pesan Menteri

SOFIFI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara gelar upacara pengibaran bendera dalam rangka Hari Bakti PU ke-78 Tahun, Senin (4/12/2023).

Upacara Hari Bakti PU dipusatkan di lapangan kantor PUPR Malut di Sofifi. Bertindak sebagai inspektur upacara Mulyadir Wowor, selaku Staf Ahli Bidang Keuangan, Ekonomi, dan Pembangunan mewakili Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Hari Bakti PU ke-78 Tahun, “PUPR Sigap Memangun Negri” diikuti seluruh ASN PUPR Maluku Utara dan berlangsung khimat.

Upacara yang juga merupakan momentum hari besarsejarah PUPR itu, Ikut dibacakan sejarah peristiwa 3 Desember 1945 oleh salah satu pegawai PUPR, dan seluruh pegawai, Kepala Dinas, hingga para Kepala Bidang merenungi isi dari sejarah 3 Desember itu.

Mulyadi Wowor mewakili Gubernur Abdul Gani Kasuba membacakan sambutan Memteri PUPR, M.Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutan tersebut ada lima pesan Menteri yang disampikan yakni, pertama mendukung penyelenggaraan event-event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U-17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kemudian yang kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja.

Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pem-bangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga.

Kemudian yang ketiga, melanjutkan pembangunan Proyek strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi,
sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah).

Lebih lanjut kata dia, Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang. Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya.

Dan yang terakhir sesuai Inpres nomor. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3139 km dan 2682 meter jembatan di 33 Provinsi.

Diakhir sambutan Menteri PUPR juga menyampaikan di tahun politik 2024 yang mana tahapan telah berlangsung ini tentu ekstensinya akan semakin tinggi. Untuk itu seluruh insan ASN PUPR mengedepankan netralitas, tidak ikut dalam kegiatan politik praktis.(red/SMG)

Leave a Reply

Top