You are here
Home > Berita > TERKINI > Dihadiri Ribuan Masyarakat, Natal Pemda Halbar Berjalan Lancar

Dihadiri Ribuan Masyarakat, Natal Pemda Halbar Berjalan Lancar

JAILOLO – Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, James Uang mengajak umat Kristiani untuk merayakan natal dengan penuh kedamaian. Hal tersebut disampaikan Bupati James saat pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru di Desa Tuguis, Kecamatan Tabaru, Jumat (1/12).

Perayaan natal dan tahun baru ini dihadiri Bupati James Uang, Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad, para pimpinan SKPD, Forkopinmda, anggota DPRD Halbar, dan ribuan jemaat.

Selain itu, perayaan natal ini pula, juga hadiri Pdt Yandi Manobe dari NTT dan Vicky Salamor sebagai artis untuk menghibur para jemat yang turut mengikuti perayaan natal dan tahun baru tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati James Uang menyampaikan, perayaan natal Pemkab Halbar merupakan salah satu program kepemimpinan Bupati James Uang dan Wakil Bupati Djufri Muhamad (JUJUR), yaitu Halbar Religius.

Ia menuturkan, perayaan natal kali ini dalam rangka menjalin silaturahmi, hubungan antar agama. Karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat dapat menjaga stabilitas keamanan dengan baik agar kelancaran pembangunan dapat direalisasi dengan baik pula.

“Saya mengajak seluruh warga masyarakat Halmahera Barat, agar tetap solid dan membangun persaudaraan dengan baik. Jangan terpancing dengan kejadian di luar daerah, dan selalu menjaga stabilitas keamanan dengan baik,” ujarnya.

“Saya kira seluruh peristiwa yang terjadi, sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum kita serahkan sepenuhnya kepada aparat keamanan untuk menyelesaikan segala hal yang terjadi,”sambungnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Halbar ini menegaskan, masyarakat harus tetap fokus pada mata pencarian masing-masing, dan jangan terpancing dengan isu-isu yang memecah belah umat.

“Jadi saya perlu sampaikan bahwa perayaan natal yang kita laksanakan ini merupakan penyampaian kedamaian untuk kita semua,” katanya.

Ia juga berjanji di tahun depan, Pemkab Halbar bakal mendatangkan Ustaz Das’ad Latif untuk melakukan ceramah di Jailolo dalam perayaan hari besar Islam.

Sementara itu, Wakil Bupati Jufri Muhammad, menambahkan kehadiran pihaknya dalam perayaan natal kali ini untuk bersilaturahmi dan menjaga tali persaudaraan serta membagi sukacita dengan para umat Nasrani di wilayah Kecamatan Tabaru.

“Kami berharap masyarakat selalu menjaga toleransi dan persaudaraan. Jangan kita tiru atau terpengaruh dan terprovokasi dengan kejadian-kejadian di luar daerah kita, mari kita tetap menjaga kebersamaan, dan mari kita jaga persaudaraan,” ajaknya.

Ia mengaku, semenjak dirinya dan Bupati dilantik, kondisi stabilitas politik maupun keamanan yang berada di Halmahera Barat berjalan dengan baik, aman, tertib dan sejahtera.

“Oleh karena, itu bapak Ibu sekalian mari kita mencermati, merenungi khotbah yang dibawakan oleh Pak Pendeta Yandi Manobe sungguh luar biasa. Pesan-pesan khotbah tadi dapat diambil pelajaran untuk umat beragama yang berada di Halmahera Barat,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Yoram Uang, menuturkan bahwa pihaknya hanya menargetkan jemaat yang hadir pada natal kali ini sebanyak 3000 orang, tetapi nyatanya yang hadir melebihi dari itu bahkan dua kali lipat, yaitu sekitar 6000 orang.

Yoram mengaku, semua stakeholder mendukung pihaknya melaksanakan kegiatan ibadah natal di Lapangan Desa Tuguis, sehingga natal tersebut berjalan dengan lancar.

“Natal yang diselenggarakan ini merupakan tahun ketiga. Dua tahun sebelumnya diselenggarakan di Kecamatan Sahu, tahun kemarin di Loloda dan tahun ini di Tabaru,”jelasnya.(red)

Leave a Reply

Top