You are here
Home > Berita > EKONOMI > Sekprov Malut Hadir Sebagai Keynote Speech Pada Rapat Koordinasi Daerah BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Maluku Utara

Sekprov Malut Hadir Sebagai Keynote Speech Pada Rapat Koordinasi Daerah BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Maluku Utara

SOFIFI – Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Kegiatan Rapat koordinasi Daerah BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Maluku Utara tahun 2023, yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Syamsuddin Abdulkadir,M.Si yang didaulat sebagai Keynote Speech. Acara ini bertempat di Sahid Bella Hotel, Jumat (01/12/23).

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku Utara Aidil Adha, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sestama BPS RI yang bersedia hadir untuk memberikan arahan, juga kepada Sekda Provinsi Maluku Utara yang bersedia meluangkan waktu untuk hadir, serta seluruh peserta dan panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan Rakor ini.

Lebih lanjut Kepala BPS Provinsi mengatakan, bahwa kehadiran kita di sini bukan hanya sebagai perwakilan masing-masing instansi, tapi juga sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan statistik demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Maluku Utara.

Rakorda ini menjadi momentum penting bagi kita untuk bersama-sama mengevaluasi kegiatan yang telah kita jalankan pada tahun 2023 serta membahas berbagai isu strategis, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan merumuskan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan kinerja BPS di provinsi Maluku Utara dalam menghadapi tahun 2024.

Dengan adanya Rakorda ini, kita saling berkolaborasi, berkoordinasi, berbagi pengalaman ide, dan best practice yang telah terbukti efektif.

Saya yakin, dengan kerja sama dan sinergi yang kuat, kita akan mampu mencapai prestasi yang lebih baik lagi dalam menyediakan informasi statistik yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini menjadi tonggak awal bagi pencapaian prestasi luar biasa dalam pengembangan statistik di Provinsi Maluku Utara di masa depan,”ujar kepala BPS mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Sekda Maluku Utara dalam pemaparannya mengatakan, bahwa saat ini data memiliki peran penting dalam pembangunan. Pemerintah, kata Sekda, mengakui bahwa statistik memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka peran Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga penyedia statistik berkualitas sangat vital, yang diharapkan menjadi pusat rujukan data hampir semua aspek.

Dikatakan Sekda, dalam rangka mendukung Visi Indonesia emas 2045 yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara Nusantara yang berdaulat, Maju dan Berkelanjutan. Salah satu agenda pembangunan yang dilaksanakan adalah mewujudkan transformasi ekonomi, yang sektor pertaniannya berfokus pada peningkatan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani.

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan bahwa pelaksanaan Rakorda ST2023 merupakan salah satu langkah dari sekian banyak langkah yang dilakukan oleh BPS untuk menjamin kualitas data hasil ST2023.

Sekda menyampaikan terima kasih karena sejak awal pelaksanaan ST2023 segenap jajaran BPS di provinsi Maluku Utara telah melibatkan OPD-OPD terkait di Kabupaten/Kota untuk berkoordinasi dan berkolaborasi agar ST2023 di Provinsi Maluku Utara dapat berjalan lancar dan menghasilkan data berkualitas.

“Mari kita bergandengan, melangkah bersama untuk mewujudkan Maluku Utara Sejahtera, yaitu Maluku Utara Yang Sehat dan Cerdas, Maju, Agamais dan Harmonis, Tumbuh Ekonominya serta Reformis dan Adil,” demikian sekda mengakhiri pemaparannya.

Dikesempqtan itu jufa, Sekretaris Utama BPS RI Ir. Atqo Mardiyanto, dalam sambutannya membahas Rencana kegiatan 2024 dan evaluasi kegiatan 2023. Sestama meminta untuk fokus masing- masing instansi. Hasil Sensus Pertanian dicermati dan dilihat benar-benar datanya dan kolaborasi dengan instansi terkait seperti apa posisi data pertanian bukan untuk diubah.

Menurut Sestama, Data pertanian yang sudah dihasilkan dengan begitu banyak biaya, waktu dan tenaga harus betul-betul bisa digunakan dan bermanfaat seperti harapan Pak Sekda.

Sestama berharap agar Sensus Pertanian ini bisa menghasilkan data yang by name by adrres. Kualitas data harus betul-betul dijaga dan jika digunakan harus tepat sasaran.

Buat Team di lapangan, Sestama berharap mudah-mudahan hasil tahap satu betul-betul tepat sasaran. Dan agar Sensus Pertanian ini cepat diselesaikan dan jangan dihentikan karena merasa jenuh.

“Jadi nanti seluruh Indonesia saya kirim Tim Inspektorat, karena saya berharap setiap rupiah yang keluar harus dipertanggungjawabkan dengan benar. Secara teknis atau non teknis administrasinya harus sukses karena,”perencanaannya dirancang 2 tahun lalu dan harus dipertahankan,”ujar Sestama mengakhiri sambutannya.

Kegiatan Rakorda ini juga dirangkai dengan foto bersama dan penyerahan piagam penghargaan.

Hadir dalam Rakor tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara R Eko Adi Irianto, Pimpinan instansi vertikal Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Pertanian provinsi Maluku Utara Muhtar Husen, Kepala BPS Kab/Kota se- Maluku Utara, Nara sumber dari BPS dan BRIN, Para peserta Rakorda serta Undangan lainnya. (rls/SMG)

Leave a Reply

Top