You are here
Home > ADVERTORIAL > NHM Perkuat Komitmen Penerapan GMP Melalui Binwas Terpadu 

NHM Perkuat Komitmen Penerapan GMP Melalui Binwas Terpadu 

HALMAHERA UTARA – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terus berkomitmen menjalankan seluruh kegiatan pertambangan di Tambang Emas Gosowong sesuai dengan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik (GMP).

Hal tersebut didorong dengan penyelenggaraan Pembinaan dan Pengawasan (BINWAS) Terpadu aspek Teknik dan Lingkungan oleh para Inspektur Tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kegiatan BINWAS tersebut berlangsung selama tiga hari (31 Oktober – 2 November 2023) di Ruang Meeting Gedung Admin site Gosowong, dihadiri oleh para Inspektur Tambang ESDM, Andi Ari Santoso yang mendampingi secara daring dan Endy Thorino Juanda, Pawestri Damai Ati, Danang Wijaya Budianto, serta Zulkifli Basir, yang langsung turut melakukan pembinaan bersama dengan seluruh tim di NHM, sementara Wakil Direktur Operasi/KTT, Rado Lawolo, dan General Manager Planning & Production, Kiki Kosmara beserta tim perwakilan internal departemen juga turut hadir pada kegiatan tersebut.

Lima aspek teknik pertambangan yang dilakukan antara lain; Aspek Teknis, Aspek Keselamatan Pertambangan, Aspek Perlindungan Lingkungan, Aspek Konservasi Mineral, Aspek Standarisasi Usaha Jasa. Kegiatan tersebut dimulai dengan penyampaian dan pemeriksaan dokumen, dilanjutkan dengan verifikasi data/kunjungan di lapangan, terakhir ditutup dengan diskusi kelengkapan dokumen atau rekomendasi-rekomendasi dari hasil yang ditemukan Tim Inspektur Pertambangan di lapangan.

Inspektur Tambang ESDM, Andir Ari Santoso menyampaikan, “BINWAS” kita lakukan sebagai bahan evaluasi dari peraturan yang sudah diatur dalam perundang-undangan, dan bersama dengan Perusahaan bisa kita improve dan sempurnakan bersama-sama tentang praktek-praktek yang sejauh ini Perusahaan jalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selanjutnya secara mandiri NHM kemudian bisa melakukan inspeksi-inspeksi internal sesuai Kepmen GMP,” sampai Andir.

Wakil Direktur Operasi/KTT NHM, Rado Lawolo menyampaikan antusiasmenya terhadap proses pelaksanaan BINWAS tersebut, “Kami sangat mengharapkan dan menunggu agenda tahunan ini dengan tujuan untuk berkonsultasi langsung dengan ESDM agar dapat didampingi proses operasional kami untuk bisa terus memenuhi standar-standar dari Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik. Kami atas nama Management Site, Senior Leadership Team (SLT), dan Dewan Direksi (BOD), mengucapkan terima kasih dan sepenuh hati menerima masukan-masukan dan rekomendasi untuk ke depan kami bisa lebih improve untuk terus mengikuti kaidah Good Mining Practices,”harap Rado.

Apreasiasi juga disampaikan Rado atas partisipasi semua perwakilan departemen yang telah mendukung terlaksananya kegiatan BINWAS ini.

“Terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat atas kerjasama dan partisipasi aktif sehingga BINWAS kali ini dapat berjalan dengan baik,”ucapnya.

Untuk terus menerapkan praktek pertambangan sesuai dengan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik merupakan tanggung-jawab seluruh internal departemen dalam bagaimana kita beroperasi yang tentunya membutuhkan sinergitas yang tinggi. Kelancaran kegiatan BINWAS tahun ini tak lepas dari kontribusi dan dukungan seluruh internal tim antar lintas departemen, semoga hasil dari kegiatan ini dapat memperkuat seluruh tim di NHM untuk mengelola Tambang Emas Gosowong sesuai dengan penerapan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik. (Jefry/Promo)

Leave a Reply

Top