You are here
Home > ADVERTORIAL > PT NHM Laksanakan Sosialisasi Program PPM Tahun 2023-2029 Serta Penyusunan Renjana Kerja 2023

PT NHM Laksanakan Sosialisasi Program PPM Tahun 2023-2029 Serta Penyusunan Renjana Kerja 2023

HALUT, JURNALONE.ID – Sosialisasi Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Tahun 2023 – 2029 dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2023, di laksanakan oleh PT Nusa Halmahera Minerals ( NHM), yang diselenggarakan dari tanggal 17 – 19 Maret 2023.

Pelaksanaan Sosialisasi PPM dan Penyusunan Rencana Kerja tersebut di ikuti oleh sejumlah Camat dari wilayah lingkar tambang yakni Camat Kao, Kao Teluk, Kao Barat Malifut dan Kao Utara serta 83 Kepala lingkar tambang, yang di buka secara resmi, Jumat (17/3/2023).

Menurut Communications Advisor Ramdani Sirait katakan bahwa
Acara Sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan program-program pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan PT NHM dari tahun 2023 sampai tahun 2029 kepada para pemangku kepentingan di kecamatan dan desa tersebut.

“Selanjutnya pembuatan program-program pemberdayaan ini sudah melalui proses panjang mulai dari observasi lapangan hingga menggali informasi melalui proses Focus Group Discussion(FGD) secara bertingkat,” jelasnya.

Tambahnya, FGD tahap pertama dilakukan di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Kao Utara, Kao, Malifut, Kao Teluk, dan Kao Barat yang melingkupi 83 desa lingkartambang dan diikuti sebanyak 207 informan yang terdiri dari Camat, Kades, BPD, Wakil Pemuda, Paguyuban ,Guru, tenaga Kesehatan, Kepala Adat, PPL, UPTD dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Kata Ramdani, FGD tahap kedua dilakukan bertujuan untuk sinkronisasi gagasan dan rencana program PPM antara PT NHM dengan Pemerintah Daerah dari tingkat Kabupaten Halmahera Utara dan Provinsi Maluku Utara.

” Diperjelasnya, program PPM yang disosialisasikan NHM ini dikategorikan dalam 8 bidang program PPM yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pendapatan riil, Kemandirian Ekonomi, Sosial Budaya, Lingkungan hidup, Kelembagaan Komunitas, dan infrastruktur,” ucap Dani.

Kemudian, dari kedelapan bidang tersebut, NHM menurunkannya ke dalam 22 program yang akan dijalankan secara bertahap mulai tahun 2023 hingga tahun 2029.

Kegiatan Penyusunan Rencana Kerja diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 18-19 Maret 2023 di Gosowong, Halmahera Utara.

“Acara ini dihadiri oleh perwakilan 83 desa yang terdiri dari Kepala Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Tokoh Agama,” tutur Ramdani.
(Jefry/SMG)

Leave a Reply

Top