You are here
Home > Berita > TERKINI > Kantor UPP Tobelo Komitmen Tingkatkan Pelayanan Bagi Pengguna Jasa Transportasi Laut

Kantor UPP Tobelo Komitmen Tingkatkan Pelayanan Bagi Pengguna Jasa Transportasi Laut

HALUT,JURNALONE.id – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, berkomitmen meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa transportasi laut antar pulau di wikayah itu.

Sebagai salah Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan laut di Kabupaten Halut l, yang melaksanakan tugas dan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Kepala Kantor UPP Kelas I Tobelo, Rusdi Hud secara langsung memberikan dokumen pas kecil kepada pemilik kapal nelayan yang mana proses pengurusannya, dilakukan secara elektronik dan tidak membutuhkan waktu lama.

Usai penyerahan dokumen, Kepala UPP Kelas I Tobelo, Rusdi Hud dalam keterangan tertulis yang diterima media ini pada, Rabu (11/01) hari ini mengatalan, bahwa di Tahun 2023 ini semua pengurusan dokumen perkapalan di kantor kami tidak ada lagi yang manual semuanya sudah elektronik.

Dia menjelaskan, apabila persyaratannya lengkap hanya cukup 1 jam dokumen tersebut sudah jadi, ini buktinya 2 dokumen pas kecil kapal nelayan yang kami serahkan kepada pemiliknya selain cepat juga meminimalisir terjadinya pungutan liar.

“Salah satu layanannya adalah proses pengajuan pembuatan Dokuken Pas Kecil bagi kapal-kapal tonase kotor kurang dari GT 7 yang sebagian besar terdiri dari kapal-kapal tradisional dan kapal nelayan yg dilakukan secara elektronik memanfaatkan aplikasi Sistim Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan (Simkapel) milik ditjen Perhubungan Laut,”kata Rusdi.

Tahun 2023 ini, kata dia, selain proses pengurusan dokumen kapal, proses pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Tobelo juga sudah dilakukan secara elektronik nama aplikasinya inaportnet.

“Aplikasi ini terhitung 1 januari sudah diaplikasikan sehingga pelayanan kapal di Pelabuhan Tobelo sudah sama dengan pelayanan di Pelabuhan-Pelabuhan yang lebih padat seperti Ternate, Bitung dan Makassar dengan harapan dapat terciptanya pelayanan yang transparan, cepat, mudah dan berbiaya murah sehingga mendorong perekonomian masyarakat,”katanya menambahkan.(rls/SMG)

Leave a Reply

Top