You are here
Home > Berita > PENDIDIKAN > KSOP Ternate Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Kalangan Pelajar

KSOP Ternate Gelar Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Kalangan Pelajar

Ternate, Jurnalon.id – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate mengadakan kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran di lingkungan sekolah di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Kamis (18/08/22).

Sosialisasi keselamatan pelayaran dari jajaran Kementerian Perhubungan Laut itu kepada para pelajaran di daerah ini, Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 September 2022 mendatang.

Kepala KSOP Kelas ll Ternate Agustinus dalam keterangan tertulis yang diterima JurnalOne mengatakan, sosialisasi dengan tema “Perhubungan Mengajar 2022” tujuannya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya bagi siswa/siswi lingkungan SMA SMK atau sederajat di Kota Ternate.

Dikatakanya, pentingnya aspek keselamatan pelayaran, mengingat Provinsi Maluku Utara merupakan wilayah kepulauan, sehingga pergerakan orang lebih banyak memanfaatkan moda transportasi laut.

Dia menjelaskan, materi sosialisasi yang diberikan lebih pada alat – alat keselamatan yang biasanya terdapat diatas kapal serta menyampaikan kepada pelajar, langkah apa yang harus dilakukan apabila mereka berada diatas kapal yang mengalami musibah kecelakaan laut.

“Terimakasih kepada pihak sekolah yang mau memberikan waktu untuk melakukan giat sosialiasi keselamatan di sekolahnya,”kata Mantan Kepala KSOP Gorontalo itu.

Selain itu, lanjut dia, antusias para siswa saat sesi tanya jawab membuat KSOP lebih bersemangat untuk menjelaskan, karna banyak dari siswa yang belum tahu kegunaan dari alat-alat keselamatan diatas kapal.

Oleh karena itu, aspek keselamatan, menurut Kepala KSOP Ternate, merupakan tanggung jawab semua pihak sehingga bukan saja tanggung jawab pihak syahbandar dan dengan terciptnya kesadaran masayarakat dia berharap dapat meminimalisir kecelakaan laut yang diakibatkan oleh kelalalaian manusia.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KSOP Ternate, menyasar di SMA N 4 Kota Ternate yang diikuti oleh kurang lebih 100 siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11 serta pelaksanaan sosialisasi ini akan dilanjutkan pada SMK 1 Negeri Kota Ternate, SMK 2 Negeri SMA 1 Kota Ternate.(02/SMG)

Leave a Reply

Top