You are here
Home > Berita > PENDIDIKAN > Matangkan Kolaborasi, Markus Hadiri Rakor TPP P3MD Halbar

Matangkan Kolaborasi, Markus Hadiri Rakor TPP P3MD Halbar

Jailolo, Jurnalone.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD), Markus Seleky menghadiri rapat internal Tenaga Pendamping Profesional (TPP), Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa PDTT, Kabupaten Halmahera Barat.

” Saya hadir dalam rakor TPP P3MD ini selain silaturahmi, juga ingin diskusi dengan pendamping P3MD tentang desa, sehingga jika ada masalah kita dicarikan solusinya,” kata Markus, saat membuka rakor yang berlangsung di Sekretariat TPP Halbar di bilangan Desa Gamlamo, Kecamatan Jailolo, Jumat (12/8/2022) pekan kemarin.

Menurutnya, salah satu fokus pihaknya saat ini adalah keberadaan BUMDes dan BUMDes Bersama.  Apalagi sejauh ini, dari 169 desa, baru  33 desa yang terdaftar dan terverifikasi. Karena itu, kata Markus, dalam perencanaan tahun anggaran 2023, pihaknya berkomitmen mendorong pembentukan BUMDes yang tidak aktif agar diaktifkan kembali.

” Bagi BUMDes yang belum aktif kita harus tahu apa persoalannya, sehingga kita carikan solusinya. Yang jelas pada tahapan perencanaan tahun anggaran 2023 ini, BUMDes belum aktif kita dorong agar segera aktif, “kata Markus.

Sementara untuk BUMDes sudah aktif, lanjut Markus, pihaknya akan terus mendorong agar tetap eksis. Ia meminta pendamping ikut memberikan masukan formula pengembangan sehingga BUMDes tersebut terus eksis.

Markus mengakui, sejauh ini Halbar belum ada. Hanya saja, ujar dia, bila dilakukan pemetaan, ada desa-desa yang berpotensi membentuk BUMDes Bersama. Tapi ini butuh kerja ekstra karena BUMDes saja belum maksimal.

Menurutnya, langkah pertama yang perlu dilakukan saat ini adalah menata kelembagaan BUMDes dengan segala kesiapan infrastruktur penyangga dan penguatan sumber daya pengelolanya.

Dengan begitu, lanjut Markus, kerja sama antara desa satu dengan desa lain untuk membentuk BUMDes Bersama setidaknya berjalan mudah. Kuncinya BUMDes dulu dibentuk sebelum melangkah ke BUMDes Bersama, terangnya, seraya menambahkan, setiap bulan menghadiri rakor TPP P3MD Halbar.

” Koordinator Kabupaten (Korkab) TPP P3MD Halbar, Surdi Lahapiu mengapresiasi hadiran Kadis PMPD dalam rakor tersebut. Bagi Surdi, kehadiran Kadis Markus dalam rakor tersebut semakin matangkan kolaborasi. Ini momen kita matangkan kolaborasi,” ujarnya.

Terkait BUMDes maupun BUMDes Bersama, Surdi berharap, tidak hanya sekadar dibentuk.  Sudah harus analisa matang ketika membentuk BUMDes. Mulai dari proses musyawarah pembentukan, melihat kelembagaan, analisa potensi usaha, sumber daya pengelola baru BUMDes dimodali. Bukan sebaliknya.

Selain itu, Surdi berharap pemda mendorong melakukan pelatihan penguatan kapasitas pengurus BUMDes,  terutama 35 BUMDes yang sudah aktif saat ini. Bagi BUMDes yang belum siap, jangan diloloskan dalam tahapan pendaftaran, tegas udix, sapaan akrab nya. (red)

Leave a Reply

Top