You are here
Home > Berita > JURNAL DESA > Surdi : Jadikan Pilkades Sebagai Ajang Pendidikan Politik Warga Desa

Surdi : Jadikan Pilkades Sebagai Ajang Pendidikan Politik Warga Desa

Halbar, Jurnalone.id — Pilkades merupakan momentum bagi warga yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama 6 tahun ke depan. Tak terkecuali pilkades serentak yang akan digelar di Kabupaten Halmahera Barat.

Momen pilkades harus dijadikan sebagai ajang pendidikan politik bagi warga di desa. Demikian disampaikan Koordinator Kabupaten (Korkab) TPP Halmahera Barat, Surdi Lahapiu, Selasa (9/8/2022).

Menurut Surdi, dengan melakukan pendidikan politik warga di desa, maka pilkades yang berkualitas sebagimana diharapkan semua pihak tewujud. Apalagi, pilkades punya karakteristik tersendiri karena secara geografis dan sosio-kultural, warganya hidup berdampingan dalam satu wilayah dan saling beririsan satu dengan yang lain, termasuk para calon kepala karena hubungan kekerabatan.

“Tensi politik di desa kerappasti ada yang memanas karena faktor itu. Tapi jangan jadikan perbedaan ajang perpecahan, tetapi sebagai bagian dari pendidikan politik warga di desa,” ujar Surdi.

Pilkades serentak, Halbar diikuti 72 desa tersebar di 8 kecamatan itu. Untuk itu, Surdi mengimbau, semua pihak, terutama calon kepala desa agar memberikan pendidikan politik kepada semua pendukung dan simpatisan, sehingga pilkades dijadikan sebagai ajang pendewasaan politik warga di desa.

“Atas nama keluarga besar TPP Kabupaten Halbar berharap, pilkades serentak Halbar berjalan aman dan lancar,” harap Surdi.

“Siapapun yang terpilih nanti, amanat yang warga titipkan warga dengan harapan membawa desa ke arah lebih baik, terutama dalam pengelolaan Dana Desa,” tambahnya.

Sebelumnya, hari pencoblosan pilkades rencananya digelar pada 11 Agustus 2022. Hanya saja, pertimbangan aspek keamanan karena bertepatan dengan suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI ke- 77 tahun 2022, sehingga ditunda.

Penetapan hari pencoblosan Pilkades berdasarkan surat keputusan Bupati James Uang. SK tersebut kini sudah disebarkan ke seluruh panitia di desa. (Tim)

Leave a Reply

Top