You are here
Home > Berita > TERKINI > Sekda Morotai, Sambut Kedatangan Jamaah Haji 

Sekda Morotai, Sambut Kedatangan Jamaah Haji 

Morotai, Jurnalone.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, F Revi Dara, menyambut lansung kedatangan 22 jamaah haji saat tiba di Pulau Morotai, kloter 11 emberkasi Makassar di Bandara Leo Wattimena, Selasa (09/08/2022).

Namun kedatangan 22 jamaah haji itu, setidaknya 16 jamaah yang tiba di Pulau Morotai, 6 Jamaah diantaranya tertinggal di Makassar Sulawesi Selatan dan Kota Ternate.

Penjemputan dihadiri juga, Forkopimda Pulau Morotai, mewakili Kemenag Pulau Morotai Mukmin Ali, para haji dan haja serta tamu undangan.

Jamaah tiba di Bandara Leo Watimena Morotai sekira pukul 13.40 WIT di Bandara Leo Wattimena Morotai, dilanjutkan ke Islamic Center Morotai sekaligus penyerahan jamaah haji Pulau Morotai.

Sambutan Plt. Sekretaris Daerah Pulau Morotai, F Revi Dara, Ia menyampaikan bahwa, Ibadah haji adalah ibadah yang rutin dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia setiap tahunnya, dan tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji pada musim haji 1443 Hijriyah tahun 2022 dengan lancar.

“Ini merupakan nikmat Allah subhanahu wa ta’ala dan buah dari kesabaran kita semua karena sudah beberapa tahun terakhir tidak ada pelaksanaan ibadah haji dikarenakan pada saat waktu pandemi COVID 19,”kata Revi.

Revi bilang, meski bertahun-tahun para jamaah haji sudah menabung, ini adalah merupakan puncaknya. Alhamdulillah para jamaah yang berasal dari Kabupaten Pulau Morotai telah kembali ke Kabupaten Pulau Morotai dengan selamat.

Hanya saja, ia mengungkapkan ada 6 orang jamaah haji yang tertinggal di Makassar dan Ternate.

“Tanpa kekurangan satu apapun meskipun ada 4 orang yang tertinggal di Makassar dan ada 2 orang yang tinggal di Ternate, namun keadaan fisik dan kondisinya sehat walafiat,”ungkapnya.

Kepada jamaah haji, Pemda mengucapkam terima kasih yang telah mau mengikuti aturan pemerintah dan anjuran pada saat pelaksanaan keberangkatan dan sampai kembali ke tanah air hingga kembali ke Kabupaten Pulau Morotai dengan lancar.

“Pemerintah turut bangga dan berbahagia terhadap para jamaah haji yang berhasil melaksanakan ibadah secara khusyuk di tanah suci. Dari pemerintah Kabupaten Pulau Morotai mengucapkan selamat datang kembali di Kabupaten Pulau Morotai bagi para jamaah haji dan semoga menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Pulau Morotai, Sahril Totona, menjelaskan, alasan 6 jamaah haji yang tidak ikut lansung ke Pulau Morotai, lantaran kondisi kesehatan dan masih bertemua anak-anak mereka.

“Yang pertama mereka memang masih singga di Makassar karena mereka berasal dari Sulawesi, sementara yang 2 orang jamaah bakal kembali ke Mororai bersama anak mereka,”jelasnya.

“Kemudian dua orang asal warga Ternate, namun berdomisi di Morotai, keduanya mengalami kelelahan sehingga berlum mejutkan perjalanan ke Morotai,” jelas Sahril.(oje/SMG)

Leave a Reply

Top