You are here
Home > Berita > TERKINI > HUT RI ke 77, Kibaran Merah Putih di Kota Ternate Menjamur

HUT RI ke 77, Kibaran Merah Putih di Kota Ternate Menjamur

TERNATE, JURNALONE.ID – Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 Tahun. Diberbagai sudut di kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pandagan mata setiap pengguna jalan raya mulai tertuju pada raminya bertebaran bendera merah putih disudut-sut kota Ternate.

Ramainya bendera merah putih ini, karena bayaknya parapedagang musiman mulai turun kejalan untuk berjualan sehingga terlihat suduk-suduk kota yang ada di tepih jalan raya terlihat ramai, sehingga nuasa HUT Kemerdekan RI turut dirasakan warga Ternate.

Berdasarkan amatan jurnalone.id, Selasa (02/08/2022), kawasan yang paling ramai di Kelurahan Gamalama, Kecatan Ternate Tengah, kota Ternate.

lokasi tersebut menjadi rebuatan parapedagang yang menjajakan dagangan meraka, dimana lokasi tersebut berada dipusat kota Ternate yang mudah dijangkau semua orang.

Para pedagang terlihat menjajakan dagangan mereka, mulai dari penujualan bendera mereh putih, penjualan umbul-umbul berbagai motif, hingga berbagai perank-pernik untuk keperluan masyarakat untuk berbelanja merayakan HUT kemerdekaan RI ke 77 tahun.

Hengki, salah satu warga asala Kabupaten Halmahera Timur mengaku, Ia datang ke kota Ternate untuk membeli bendera merah putih dan keperuan peribadi. Bendera yang dibelinya untuk menggantikan bendera yang ada di rumah miliknya yang sudah tua dan rusak.

Bahkan kata Hengki, untuk menganti bendera sudah menjadi kebiasan dirinya bersama warga lain yang ada di pedesaan saat tiba momentum HUT kemerdekaan RI, sebagai bentuk rasa cinta kepada NKRI.

“ ya namanya bendera, kita sebagai warga negara Indonesia setiap tahunya harus kita ganti kembali bendera kita yang ada dirumah, karena sudah rusak dan tuah. Dan ini sudah menjadi suatu kebiasaan kita di desa sebagai warga negara Indonesia,” kata Hengki kepada Beritasatu.com.

Sementara itu, Aldiyansah Muhammad salah satu pedagang menjelaskan, perjualan bendera merah putih hingga pernak pernik di kawasan Gamalama ini sudah ramai sejak akhir bulan Juli pekan lalu. Bahkan sudah mulai dibeli olah warga baik untuk digunakan di mobil, motor hingga bendera merah putih sebagai kebutuhan HUT kemerdekaan.

Namun kata Aldiyansah, untuk pendapatan sendiri perhari mereka baru meraut kentungan 100 hingga 200 ribuh rupiah saja.

Namun diyakini jelanga hamin 17 Agustus kawasan Gamalama ini bakal dibanjiri warga untuk berbelanja kebutuhan HUT RI sehingga pendapatan pun bisa meningkat.

“ Saya berjulan diakhir bulan Juni kemarin kami buka di Kawasan Gamalama, dan sampai di hari kedua bulan Agustus ini pembelian sudah mulai berbelanja sama kami, ada yang belanja bendera, perankp pernik. Saya harapkan semoga bisa ramai pembeli, tapi bisanya satu minggu jelang 17 Agustus itu ramai. Saat ini per hari pendapatan baru 100 hingga 200 ribu rupiah saja nantinya kalau ramai pendapatan bisa mencapai 2 juta rupiah per hari,” ungkapnya.(red/SMG)

Leave a Reply

Top