You are here
Home > PEMERINTAHAN > Wagub Apresiasi Kinerja BPK Perwakilan Malut

Wagub Apresiasi Kinerja BPK Perwakilan Malut

Ternate, Jurnalone.id – Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. Al Yasin Ali mengapresiasi kinerja BPK RI Perwakilan Maluku Utara yang telah melakukan tugas dengan baik di sepuluh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara.

Hal tersebut disampaikan Wagub saat menghadiri kegiatan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2021 dan Laporan Hasil Pemantauan Kerugian Daerah Semester II Tahun 2021 bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Malut, Kamis (06/01/22).

Dalam sambutannya Wagub mengatakan, dalam setiap tahun anggaran, BPK RI Perwakilan Maluku Utara, memiliki kewajiban untuk memenuhi tugas melaksanakan amanat Pasal 17 Ayat 3 Nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan Negara.

“Momentum hari ini merupakan bagian penting dalam semua tahapan yang dilakukan oleh auditor BPK RI Perwakilan Malut selama satu tahun anggaran,” Ungkap Wagub.

Lanjut Wagub, Pemerintah daerah dan DPRD harus bekerja keras untuk melakukan penataan dokumen anggaran dan belanja daerah secara bersama-sama sehingga menjadi sebuah dokumen APBD yang proporsional. Dokumen tersebut kemudian menjadi pijakan Pemerintah dalam melaksanakan program dan kegiatan yang pada saatnya harus dipertanggungjawabkan.

Olehnya itu, apapun yang telah ditetapkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II tahun 2021 oleh BPK RI Perwakilan Maluku Utara terhadap semua LKPD di kabupaten dan kota harus kita terima.

Menurutnya, Pemberian Penghargaan kepada Peraih Progress Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2021 merupakan sebuah bentuk apresiasi BPK terhadap kepatuhan kita dalam melaksanakan tahapan demi tahapan pemeriksaan dan wujud kerjasama yang dilakukan selama pemeriksaan.

Saya berharap, dengan diserahkannya LHP di masing masing lembaga pemerintahan ini maka publik Maluku Utara akan dapat mengetahui dan memberi apresiasi terhadap pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh Pemerintah.

Terpisah, Kepala BPK RI Perwakilan Malut, Hermanto melalui laporannya menuturkan, penyerahan laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kinerja diberikan kepada empat pemerintah daerah dan LHP kepatahuan kepada lima pemerintah daerah di wilayah Provinsi Maluku Utara.

“Empat pemerintah daerah yang menerima LHP kinerja ialah Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Halmahera Selatan,” Kata Hermanto.

LHP Kinerja yang diberikan kepada empat Pemerintah Daerah berdasarkan pada beberapa indikator diantaranya, Upaya pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, penyelenggaraan pendidikan vokasi berbasis kerjasama industri dan dunia kerja dalam rangka mewujudkan SDM berkualitas dan berdaya saing, kemudahan berusaha melalui pelayanan perizinan dan pelayanan modal dan efektifitas pengelolalan pendapatan Asli Daerah.

Selain dari LHP kinerja yang diberikan kepada empat Pemerintah Daerah, LHP Kepatuhan juga diberikan kepada lima Pemerintah Daerah diantaranya, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Kepulauan Sula.

Pengahargaan kepada pemerintah daerah dengan progres penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi BPK terbaik sebagi komitmen Pemerintah Daerah, BPK RI Perwakilan Malut juga menetapkan tiga Pemerintah Daerah yang berhasil meraih penghargaan yakni; Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Ternate dan Provinsi Maluku Utara. (rls)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!