You are here
Home > PEMERINTAHAN > Pemkot Ternate Kembangkan Tanaman Hortikultura

Pemkot Ternate Kembangkan Tanaman Hortikultura

Ternate, Jurnalone.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, terus berupaya mengembangkan tanaman hortikultura, khsususnya tomat dan cabai, melalui kelompok tani yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian setempat melalui inovasi budidaya.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman usai menggelar panen tomat bersama dengan Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto dan anggota komisi IV DPR RI dapil Malut, Alien Mus di Kelurahan Loto, Kecamatan Ternate Barat, pada Selasa (29/12) hari ini.

Menurut Wali Kota, dengan adanya kelompok tani yang saat ini tengah mengembangkan tanaman hortikultura, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasaran di daerah ini, karena selama ini Ternate selalu mendatangkan tanaman seperti tomat dan cabai dari luar daerah.

Ia menjelaskan, tomat dan cabai selama ini sering terjadi lonjakan harga di pasaran, mengingat karena terlambatan pasokan dari luar daerah ke Ternate, sehingga mengakibatkan kenaikan harga.

Oleh karena itu, kata mantan Sekot Ternate itu itu, dengan adanya pengembangan tanaman hortikultura yang dikembangkan oleh para petani di Kelurahan Loto maupun kelurahan lainnya di Kota Ternate, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Tanaman hortikultura selama ini mendorong laju inflasi di Kota Ternate, sehingga dengan adanya dukungan dari semua pihak, seperti Direktorat Jenderal Hortikultura dari Kementerian Pertanian, diharapkan memaksimalkan kebutuhan masyarakat di daerah ini,”katanya.

Sementara itu, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, berjanji akan memberikan bantuan dalam pengembangan tanaman hortikultura yang dikembangkan para petani di Kota Ternate. (Cz/02)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!