You are here
Home > Berita > TERKINI > BKD Halbar Gelar Ujian Kenaikan Pangkat dan Penyesuaian Ijazah

BKD Halbar Gelar Ujian Kenaikan Pangkat dan Penyesuaian Ijazah

JAILOLO – Senin(6/12/2021),Bertempat di Aula Bidadari, Kantor Bupati Halbar, Desa Porniti, Kecamatan Jailolo. Badan Kepegawaian dan Diklat(BKD) Halmahera Barat mengelar kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijasah PNS dilingkup Pemda Halbar.

Kegiatan tersebut menghadirkan kepala BKN regional 11 Manado yang diwakili oleh kepala bidang pengembangan dan supervisi kepegawaian, tim penguji di kabupaten Halmahera barat dan para peserta ujian dinas dan peserta ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah.

Sambutan mewakili Bupati Halbar James Uang, yang diwakili Asisten I Setda Halbar Martinus Djawa menyampaikan, sesuai amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, bahwa untuk mewujudkan aparatur sipil negara bagian dari reformasi birokrasi, perlu ditetapkan aparatur sipil negara sebagai profesi yang memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan wajib mempertanggungjawabkan kinerja serta menerapkan prinsip dalam pelaksanaan manajemen aparatur sipil negara.

Sehubungan dengan hal ini, kata Martinus, maka salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia aparatur adalah meningkatkan kemampuan serta profesionalisme PNS berbasis kompetensi melalui pendidikan lanjutan dalam bentuk pemberian tugas dan izin belajar.

“Ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah bagi aparatur sipil negara di lingkup pemerintah daerah kabupaten barat yang dilaksanakan saat ini dimaksudkan untuk mendorong setiap PNS selaku aparatur negara agar dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan,”katanya.

” Selain pengetahuan, kegiatan ini menguji tingkat kompetensi setiap PNS yang akan naik pangkat atau golongan yang lebih tinggi dengan prestasi kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh PNS tersebut,”ujarnya.

Mantan Kadis Disprindagkop Halbar ini juga menegaskan, ujian dinas ini menuntut kondisi yang prima dari setiap peserta, sehingga diharapkan melalui pelaksanaan ujian dinas ini akan terwujud sumber daya manusia aparatur yang lebih berkompeten dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan publik.

” Kami berpesan kepada seluruh peserta, agar kiranya dapat mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh, dengan mengutamakan kejujuran dan ketelitian serta jadikanlah ujian dinas kenaikan pangkat penyesuaian ijazah ini sebagai wahana untuk mempertanggungjawabkan kompetensi,”tuturnya.

Terpisah, Kepala BKD Halbar, Fransiska Renjaan menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijasah terdiri dari tiga tingkat, tingkat satu 43 orang, tingkat dua 46 orang dan tingkat tiga untuk ujian penyesuaian ijasah berjumlah 16 orang.

“Jadi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 105 orang,”ujarnya.(J0-1)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!