You are here
Home > Berita > KESEHATAN > Dinkes Catat Kasus HIV/AIDS Berjumlah 641 Orang

Dinkes Catat Kasus HIV/AIDS Berjumlah 641 Orang

Ternate, Jurnalone.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara,  mencatat kasus penderita Human Immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS)  di Ternate, sejak Tahun 2007 hingga 2021 ini sebanyak 641 orang, 135 orang di antaranya sudah meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy, Rabu (1/12/2021) mengatakan, di hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2021 hari ini, untuk kasus tersebut masih terjadi, akibat dari kenakalan dan pergaulanan bebas sehingga terjadi penularan virus  ke orang lain.
“Misalnya hubungan seks bebas maka terjadi penularan ke orang lain, oleh karena itu, pihaknya terus melakukan deteksi dini, guna mengecah virus tersebut dengan memberikan layanan kesehatan para penderita HIV/AIDS  secara maksimal,”kata Nurbaity.
Dengan itu, upaya lain yang dapat dilakukan oleh petugas kesehatan, yakni memberikan pendampingan bagi para penderita HIV/AIDS, serta melakukan pemeriksaan kepada populasi kunci dan membuka layanan kesehatan ditingkat bawah, agar penanganannya dapat tertangani secara optimal.
Nurbaity juga menyampikan selama ini, terkendala untuk dilakukan penanganan, karena sebagian para penderita HIV/AIDS mereka sering berpindah – pindah tempat, maka pihaknya akan melakukan deteksi dini tempat tinggal mereka.
” Strategi lain yang dilakukan untuk mencegah penularan virus adalah  terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya mengenal ciri – ciri gejala virus tersebut, apabila ada yang kena gejala langsung melaporkan kepada puskesmas maupun rumah sakit sekitar,” ujarnya.
Ia berharap kepada masyarakat di Kota Ternate, agar tidak mengucilkan mereka, tetapi terus memberikan dukungan moril, agar para penderita HIV/AIDS tersebut  tetap kuat serta mengingatkan mereka untuk mengikuti arahan dari petugas kesehatan.(02/cr)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!