You are here
Home > Berita > TERKINI > Aneh..! Dana Pinjaman Tidak Termuat Dalam Dokumen KUA-PPAS 2022

Aneh..! Dana Pinjaman Tidak Termuat Dalam Dokumen KUA-PPAS 2022

JAILOLO – Wakil Ketua Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD)Halmahera Barat, Maluku Utara, Riswan Hi. Kadam menyatakan, Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2022, kembali molor.

Menurut Riswan, Hal ini dikarenakan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Halmahera Barat (Halbar), tidak menemukan adanya nilai pinjaman daerah sebesar Rp 208 miliar dalam dokumen KUA-PPAS tahun 2022 itu.

Dalam dokumen KUA-PPAS APBD tahun 2022 yang diajukan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dengan nilai pendapatan yang diajukan sebesar Rp 878 miliar, kemudian dikoreksi turun oleh Banggar menjadi Rp 826 miliar atau berkurang sebesar Rp 52 miliar.

“Jika nilai pinjaman tidak dicantumkan dalam dokumen KUA-PPAS, maka kita bisa curiga, pinjaman yang diajukan pemerintah daerah adalah pinjaman siluman, karena tidak ada dalam dokumen anggaran,”cetus Wakil Ketua DPRD Riswan Hi. Kadam, kepada sejumlah wartawan, Senin (8/11/2021).

Politisi PKB Halbar ini menilai, TAPD saat ini terkesan bingun dan ragu ragu dalam mengakomodasi pinjaman PEN sebesar Rp 208 miliar pada postur KUA-PPAS tahun 2022.

“Kan aneh, jika ada pinjaman harusnya termuat dalam dokumen, tapi kenyataanya pinjaman tidak termuat dalam dokumen KUA-PPAS tahun 2022,”akunya.

Anggota DPRD dua periode ini menegaskan, ada keanehan terkait pinjam PEN, karena penerimaan pendapatan dari pembiayaan pinjaman tidak dimasukan dalam dokumen, tapi pada item pengeluaran telah termuat belanja profisi dan administrasi pinjaman PEN dicantumkan sebesar Rp 3,5 miliar.

“Untuk itu sebagai pimpinan banggar, kami merasa penting mengkonsultasikan permasalahan pinjaman PEN ini di Kementrian Keuangan, Kemendagri dan lembaga pembiayaan SMI di jakarta pekan ini. Intinya kami meminta penjelasan soal legal standing pinjaman PEN dalam hubungannya dengan fungsi budgeting pada pembahasan KUA PPAS yang sementara dipending,”pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!