You are here
Home > Berita > KESEHATAN > Dinkes Ternate Tekan Jumlah Kasus Stunting

Dinkes Ternate Tekan Jumlah Kasus Stunting

Ternate, Jurnalone.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara, berhasil menekan jumlah kasus stunting atau gizi buruk di daerah ini, berdasarkan data jumlah kasus stunting sejak 2020 tercatat sebanyak 328 kasus, namun di awal November 2021 ini turun menjadi 162 kasus.

Kadinkes Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy saat dikonfirmasi pada Kamis (04/11) hari ini mengatakan semua tidak terlepas dari kerja keras dari petugas kesehatan mulai dari posyandu Kelurahan hingga sampai tim Puskesmas

Menurut dia, tingginya jumlah kasus stunting di Kota Ternate pada Tahun 2020, karena adanya wabah pandemi COVID-19 yang mengakibatkan petugas kesehatan tidak bisa turun ke lapangan untuk melakukan penyeluhan dan penanganan balita terkena kasus gizi buruk itu.

“Disebabkan, karena masyarakat terhambat melakukan aktivitas ekonomi, sehingga berdampak pada minimnya penghasilan untuk memenuhi kebetuhan gizi keluarga,”kata Nurbaity.

Ia menjelaskan, keberhasilan menekan jumlah kasus stunting ini, di antaranya melakukan penyeluhan dan memberikan asupan makanan bergizi, termasuk vitamin A dan memberi obat cacing oleh petugas.

Nurbaity mengimbau kepada masyarakat di Kota Ternate, khususnya para ibu hamil agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, sehingga dapat mengetahui perkembangan kehamilannya, selain itu, diharapkan terus mengikuti anjuran yang diberikan oleh petugas kesehatan, agar ibu dan bay dapat tumbuh dengan baik dan sehat.(Cr/02).

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!