You are here
Home > Berita > TERKINI > Wali Kota dan Ketua PDRD Teken Perda RPJMD Tahun 2021

Wali Kota dan Ketua PDRD Teken Perda RPJMD Tahun 2021

Ternate, Jurnalone.id – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman bersama Ketua DPRD kota Ternate Muhajirin Bailusy, melakukan Penandatangan Peraturan Daerah kota Ternate nomor 4 tahun 2021 tentang Rancana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) kota Ternate tahun 2021.

Penandatangan disaksikan langsung oleh wakil wali kota Teebate Jasri Usman dan Sekretaris Daerah kota Ternate Jusuf Sunya di ruang rapat kantir walikota, Selasa, (26/10) kemarin.

Usai melakukan penandatanganan Perda nomor 4 tentang RPJMD kota Ternate tahun 2021, wali kota mengatakan penyusunan RPJMD kota Ternate dilaksanakan sejak dilantik menjadi walikota dan Jasri Usman sebagai wakil wali kota Ternate pada 26 April 2021 yang dimulai dengan proses dilaksanakan dari tahap persiapan penandatangan awal RPJMD.

Kemudian penyusunan rancangan RPJMD, kemudain pelaksanaan korum Perangkat Daerah, Musrembang RPJMD, perumusan tahap akhir RPJM dan tahap terakhir adalah penandatanganan Perda nonor 4 tentang RPJM kota Ternate tahun 2021. Setelah ditantangani berarti secara dejure dan defacto RPJMD kota Ternate tahun 2021 sudah dapat dilaksanakan.

“Alhamdulillah kita memenuhi waktu sebagai mana isyarat dari Peraturan Menteei Dalama Negeri (Permendagri) selama enam bulan, dan hari ini kemaron tepat enam bulan dari penyusunan RPJMD hingga selesai,” kata walikota.

Tauhid menjelaskan tahapan yang dilakukan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah kota Ternate adalah dengan menyusun Rencana Strategi (Renstra) dimana Renstra itu harus dilakukan dengan dasar RPJMD, jadi diturunkan dari visi-misi kemudian RPJMD.

Tahudin menyatakan, kiblatnya tetap ke visi-misi Ternate Andalan sehingga dengan sendirinya selama satu bulan kemudian para pimpinan OPD langsung melakukan perubahan dan penyusunan Renstra sesuai dengan amanah dari tahapan berimutnya karena nanti seluruh kegiatan-kegiatan mulai dari kebijakan, program sampai kegiatan semua harus tertuju pada visi-misi maupun RPJMD, tidak bisa keluar karena itu menjadi pedoman.

” Tidak terkecuali sampai ditingkat kecamatan pun harus melakukan kolaborasi terhadap Renstra yang ada, mengikuti yabg terbaru karena memang rencana pembangunan seperti itu dengan menyusuaikan dengan yang terkini biar berjalan sesuai dengan RPJMD kota Ternate tahun 2021,” ucapnya. (Rk/Red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!