You are here
Home > INTERNASIONAL > Rombongan Kafilah Bali Gelar Wisata Sejarah di Tidore

Rombongan Kafilah Bali Gelar Wisata Sejarah di Tidore

Sofifi, Jurnalone.id – Ajang kompotisi Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional Tahun 2021 yang digelar di Sofifi, Maluku Utara sudah memasuki babak akhir. Dari 589 kafilah sebagai peserta yang kompotisi tersisa 60 dari 21 daerah berhasil lolos dan ikut berlomba pada babak akhir (final).

Kafilah Provinsi Bali merupakan satu dari 34 daerah tak lagi masuk berkompotis pada babak akhir ajang Seleksi Tilawatil Qura’an dan Hadits (STQH) XXVII. Meski demikian tak membuat kontingen pulau dewata itu kecewa. Mereka justru memanfaatkan sisa waktu dengan berwisata sejarah ke pulau Tidore.

Sebanyak 14 Kafilah ke Tidore bersama Lieson Official (LO) dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Maluku Utara, menyempatkan diri mengunjungi Kadaton Kesultanan Tidore. Bahkan beberapa dari meraka melantunkan ayat Al-Quran didalam bagunan bersejarah itu.

Selain melihat langsung kondisi Kadaton Tidore, para kafilah ingin berjumpa langsung dengan , Jou Husain Alting Syah Sultan Tidore ke-36, namun niat mereka tidak kesampaian lantaran Sultan tak berada ditempat sehingga hanya bertemu para petiggi kesultan.

Para kafilah merasa senang dan takjub dengan suasana Kesultanan Tidore, sebab Tidore merupakan salah satu kerajaa Islam terbesar di nusantara yang masa kejayaannya, menguasai sebagian besar Pulau Halmahera Selatan, Pulau Buru, Pulau Seram, dan banyak pulau-pulau di pesisir Papua Barat.

Kepada media ini, Kamis (21/10/2021) kordinator kontingen STQ Provinsi Bali,Wasis mengaku, kedatangan rombongannya ke Tidore merupakan wisata religi di sisa waktu berada di Maluku Utara.” Sangat luar biasa tadi kita sempat ke Tidore, melihat lihat Kadaton dan sungguh indah panoramanya bisa melihat laut dan pulau Halmahera yang begitu cantik,” Ucapnya.

Dirinya mengaku meski tersisi di ajang STQ XXVI, namun hal itu tidak menjadi target Bali melainkan wadah mempererat ikatan silahturahim antar kafilah yang ikut dalam ajang STQ kali ini.

Sementara itu selaku koordinator Lieson Official (LO) Bali, Kadis PerkimYunus Badar mengapresiasi kontinegn Bali pada ajang kompotisi STQ ini. “ Sebagai minoritas dan tanpa dukungan daerah meraka, mereka mampuh melangkahkan kaki mereka hingga ke Sofifi untuk ikut serta dalam pegelaran event nasional ini,”ucap Yunus.(red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!