You are here
Home > Uncategorized > Malut Satu Kafilah, DKI Jakarta Terbanyak Lolos Final

Malut Satu Kafilah, DKI Jakarta Terbanyak Lolos Final

Sofifi, Jurnalone.id – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke XXVI yang dipusatkan di Sofifi, Maluku Utara, telah memasuki babak final, Kamis (21/10/2021).

Pada babak final ini, tercatat sebanyak 21 daerah yang mengikuti lomba STQ Nasional, tersisa 60 peserta (Kafilah) yang berhasil lolos pada babak final.

Terdapat 4 (empat) cabang lomba dalam pelaksanaan STQ Nasional ini, yaitu cabang Musabaqah Tilawatil Quran dengan golongan anak-anak dan dewasa.

Cabang Musabaqah Hifdzil (hafalan) Quran golongan 1 dan 5 juz tilawah, golongan 10, 20 dan 30 juz, cabang Musabaqah Tafsir Quran golongan bahasa Arab dan cabang Musabaqah Hadits masing-masing golongan hafalan 100 Hadits dengan Sanad dan hafalan 500 Hadits tanpa Sanad.

Untuk babak final, kafilah dari daerah DKI Jakarta yang menempati urutan teratas peserta terbanyak lolos di babak final.

Tercatat 9 orang kafilah DKI Jakarta yang lolos di final, urutan kedua ditempati Jawa Timur dengan 8 Kafilah, urutan ketiga ada dari Sumatera Utara dengan 6 Kafilah, urutan keempat berhasil ditempati oleh Kepulauan Riau dengan 5 Kafilah.

Sedangkan Banten berada di posisi kelima dengan 4 Kafilah, diurutan keenam ada dari daerah Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dengan jumlah 3 Kafilah, diurutan ketujuh ada Jawa Tengan dan Nusa tenggara Barat dengan jumlah kafilah masing-masing 2 orang.

Sementara daerah Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Tengah dan Sumatera Barat hanya berhasil mengirim masing-masing 1 orang kafilah kebabak final.

Sekadar diketahui, STQ Nasional yang direncanakan berakhir pada 23 Oktober 2021 ini, akan di tutup oleh Wakil Menteri Agama RI. Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi. Dalam acara penutupannya nanti, akan ditempilkan beberapa artis musik religi papan atas dari Ibukota Jakarta.(red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!