You are here
Home > PEMERINTAHAN > Bupati Frans Secara Resmi Buka Musrenbang RPJMD Halut

Bupati Frans Secara Resmi Buka Musrenbang RPJMD Halut

Halut, jurnalone.id – Bupati Halmahera Utara Frans Manery secara resmi membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 yang berlangsung di Hotel Grand Land, desa Gura kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara, Rabu (22/9/2021).

Kepala Bappeda dr.Devie Bitjoli dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan RPJMD sebelum perumusan rancangan akhir RPJMD yang telah di atur dalam Permendagri No 86 tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa Bappeda melaksanakan dan mengkoordinasikan musrenbang RPJMD untuk penajaman dan penyelarasan rancangan RPJMD serta akan dirumuskan ke dalam berita acara kesepakatan hasil Musrenbang dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan.

Lebih jauh dia mengatakan, tahapan penyusunan RPJMD telah dilaksanakan rangkaian kegiatan yaitu penyusunan rencana awal (Ranwal) RPJMD yang dilaksanakan sejak bupati dan wakil bupati Halut dilantik pada 9 Juli 2021, serta pelaksanaan konsultasi publik Ranwal RPJMD pada 12 agustus 2021.

Persetujuan DPRD dan Penandatangan Nota Kesepakatan Ranwal RPJMD pada 27 Agustus 2021, sudah dilakukan konsultasi ke Gubernur Maluku Utara Ranwal RPJMD dimulai sejak 27 Agustus sampai dengan 7 September 2021, dan telah dilaksanakan forum lintas perangkat daerah dari tanggal 10 sampai 17 September 2021.

“Pelaksanaan musrenbang atas Ranwal RPJMD dilaksanakan pada hari ini 22 september 2021 tepat 75 hari sejak Bupati dan Wakil Bupati dilantik, sehingga tujuan kegiatan ini untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, steategi ,arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam Ranwal RPJMD Kab Halut tahun 2021-2026,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Halmahera Utara Frans Manery menyampaikan, ucapan terima kasih serta apresiasinya terkait pelaksanaan pencegahan Covid-19 di Kabupeten Halmahera Utara, yang saat ini mengalami kemajuan dalam menekan kasus angka penyebaran Covid-19, serta mengapresiasi jajaran TNI/Polri dan tenaga kesehatan yang sudah berupaya melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat berjalan secara baik.

“Atas nama pemerintah daerah Halmahera Utara memberikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta Musrenbang RPJMD yang telah hadir mengikuti kegiatan tersebut,” ucap Bupati.

Menurut Frans kegiatan ini mengandung bobot yang sangat penting dalam menitik beratkan pada pembahasan dan sinkronisasi visi dan misi hingga rencana program pembangunan antara pemdah dengan masyarakat dapat terlaksana dengan baik. Dalam rangka pencapaian pembangunan bersama guna melaksanakan visi pembangunan jangka menengah kabupaten Halut tahun 2021-2026.

“Dengan visi yang kami angkat adalah terwujudnya kesejahteraan masyarkat halut melalui pembangunan berkelanjutan dengan inovasi dan investasi dalam kebersamaan yang berkelanjutan,” katanya.

Bupati berharap melalui forum ini dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi serta penyempurnaan terhadap perancangan RPJMD tersebut, sehingga pada saatnya nanti kita dapat memperoleh masukan dan komitmen dari pemangku kepentingan untuk pembangunan dikabupaten Halmahera Utara.

Untuk mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah dikabupaten Halmahera Utara maka kebijakan prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam Musrenbang ini.

“Diharapkan dapat memujudkan visi dan misi kepala daerah dalam kurun waktu lima tahun kedepan,” harapnya. (jef/red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!