You are here
Home > Berita > TERKINI > Buruknya Saluran Drainasi, Ternate Jadi langganan Banjir

Buruknya Saluran Drainasi, Ternate Jadi langganan Banjir

Ternate, Maluku Utara, Sejumlah wilayah di Kota Ternate, Maluku Utara, pada Selasa (14/09/2021) dilanda banjir akibat dari rusaknya saluran drainase, sehingga menyebabkan aliran air meluap ke permukiman warga dan selama ini kota yang dikenal dengan penghasil rempah ini menjadi langganan banjir ketika musim hujan.

Terpantau air menggenang ruang jalan raya didepan ruko Pasar modern di Kelurahan Gamalama, sehingga mengganggu aktivitas arus lalu lintas terganggu, bahkan tak hanya dipusat perbelanjaan, namuan banjir juga merendam sejumlah  rumah warga dibeberapa kelurahan di Kota Ternate.

Salah seorang warga di Kelurahan Salahudin,  Amat ketika ditemui dilokasi mengatakan, setiap musim hujan kami sangat khawatir, akan terjadi banjir, karena saluran drainase sebagian sudah rusak yang dibangun oleh Pemkot Ternate selama ini.

“Keluhan kami sudah sampaikan ke pihak kelurahan, namun hingga sampai saat ini belum diperbaiki, sehingga kami harapkan kepada Pemkot Ternate melalui dinas terkait agar dapat segera memperbaiki saluran drainase ini, agar air tidak meluap ke rumah mereka ketika memasuki musim hujan,” ujarnya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh sejumlah warga di Kelurahan Toboko bahwa rumah mereka tergenang banjir akibat meluapnya air dari saluran drainase, namun mereka berharap agar drainase tersebut dapat diperbaiki, agar mereka tidak lagi dilanda banjir saat musim hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Muhammad Arif Gani ketika dikonfirmasi, menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan PUPR setempat agar segera memperbaiki saluran drainase yang rusak.

Selain itu, kata dia, rusaknya saluran drainase juga disebabkan masyarakat yang tidak sadar, sehingga membuang sampah ke dalam saluran drainase maka saat datangnya musim hujan, saluran tersebut tersumbat akibat banyaknya tumpukan sampah di dalam saluran drainase maupun kali.

“Saya mengimbau kepada masyarakat di Kota Ternate   bahwa berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan oleh pihak BMKG  beberapa hari kedepan Kota Ternate dan daerah lainnya di Maluku Utara masih dilanda hujan, sehingga masyarakat diminta tetap waspada terhadap cuaca ekstrim,” harapnya.(Cq/02)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!