You are here
Home > ADVERTORIAL > PUPR Malut Gelar Pelatihan Uji Sertifikasi Tenaga Ahli Muda Bagunan dan SDA

PUPR Malut Gelar Pelatihan Uji Sertifikasi Tenaga Ahli Muda Bagunan dan SDA

Sofifi, Jurnalone.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Utara, bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Kharun Ternate, menggelar pelatihan tenaga ahli konstruksi.

Pelatihan berlangsung di gedung Aula Fakultas Teknik itu, dibuka Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara, Iswan Idrus, atas nama Kepala Dinas PUPR, Djafar Ismail.

Kegitan pelatihan nantinya berlangsung selama tiga hari dimulai pada, Kamis (26/8) hingga hari, Sabtu (29/8) 2021.

Kegiatan pelatihan itu dijabarkan dalam bentuk uji sertifikasi tenaga untuk ahli muda bangunan gedung, dan ahli muda sumber daya air.

Sekretaris Dinas PUPR Malut, Iswan Idrus dalam sambutan menyatakan, dunia tanpa batas di era globalisasi saat ini, banyak tenaga kerja atau ahli luar daerah Maluku Utara, bahkan dari luar negeri berdatangan ke Indonesia, dan masuk hingga ke Maluku Utara.

Untuk menjawab kenyataan itu, Maluku Utara harus mempunyai SDM di masing-masing bidang yang mumpuni, yang dilahirkan melalui kegiatan dan pelatihan tenaga ahli seperti yang dilaksanakan saat ini PUPR Malut.

” Jadi kegiatan ini bagimana meningkatkan SDM di Malut, dari kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan kapasitas building mereka, mendaptkan ilmu pengetahuan sehingga menjadi semangat dari sisi keterampilan, kopotensinya, dan skil. Harapnya melahirkan auput yang positif sehingga kami di PU juga punya kesiapan yang maksimal dalam sisi pengawan infastruktur di Malut,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Universitas Khairun Ternate, Ir. Nani Nagu, ST, MT, menyambut baik pelatihan yang dilaksanakan, juga sangat mendukung, karena mereview kembali ingatan peserta, terutama mahasiswa saat menimbah ilmu di kampus.

” Kerja sama ini sangat bermanfaat skali bagi kami dari akademik terutama bagi mahasiswa kami, dengan program semaca ini mahasiswa banyak belajar dan mendaptkan ilmu dari PU juga bersama tenaga ahli kami, dan akan terus kita tidak lajut,” ucapnya.

Sebelumnya, selaku Ketua panitia pelatihan, Djafar Muslim, melaporkan item kegiatan menyampaikan, bahwa peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 80 peserta dan terbagi dalam dua ruang pelatihan.

Peserta pelatihan berasal dari ASN di jajaran Dinas PUPR Malut, Balai Kementerian PU, dan mahasiswa teknik, serta masyarakat yang memiliki bidang tugas di jasa kontruksi.

Sedangkan untuk pemberian materi dari Dinas PUPR Malut serta sejumlah dosen fakultas teknik Universitas Khairun Ternate.(red/Adv)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!