You are here
Home > Berita > TERKINI > Pemkab Halbar Laksanakan Musrembang RPJMD Tahun 2021-2026

Pemkab Halbar Laksanakan Musrembang RPJMD Tahun 2021-2026

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), melaksanakan kegiatan musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah(Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD)Tahun 2021-2026.

Kegiatan Musrenbang RPJMD itu dilaksanakan di Aula Baikole,Kantor Bupati Halbar, Desa Porniti, Kecamatan Jailolo. Kamis(12/8/2021).

Musrembang RPJMD itu Sesuai Permendagri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan Daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang Daerah dan rencana pembangunan jangka menengah Daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang Daerah, rencana pembangunan jangka menengah Daerah dan rencana kerja Pemerintah Daerah.

Sekretaris Daerah Halbar, Drs. M. Sahril Abdul Radjak M. Si, menyampaikan, Dalam RPJMD tahun 2021-2026 ini merupakan kegiatan bagaimana kita menyusun program-program lima tahun kedepan. Untuk itu, diingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD yang hadir dalam mengikuti musrenbang RPJMD ini agar semua perencanaan dapat diukur dengan baik.

“Saya berikan contoh seperti salah satu program bupati, yaitu Halbar terang, ini semua harus memiliki perencanaan yang begitu matang, sehingga ketika kita melaksanakan sebuah program itu dapat berjalan dengan baik,”ujarnya.

Sahril bilang, disetiap perencanaan harus memiliki data yang akurat, baik itu data di tingkat kabupaten, kecamatan dan sampai pada tingkat desa.

“Jika melakukan suatu perencanaan harus memiliki data yang akurat, sehingga ketika melaksanakan sebuah kegiatan bisa tersingkronisasi,”ujarnya.

Mantan kaban keuangan Halbar ini juga meminta kepada para SKPD agar supaya memahami tupoksi masing-masing dan memahami problem di daerah sehingga tupoksi yang di jalankan oleh SKPD itu dapat menghilangkan problem yang ada di daerah itu sendiri.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), Sony Balatjai menegaskan, dalam Musrembang RPJMD ini membahas terkait arah kebijakan strategis Pemkab Halbar.

“Jadi, dalam musrembang ini kita bahas tentang arah kebijakan Pemkab, maupun sasaran strategis pembangunan sesuai visi-misi Bupati dan Wakil Bupati,”ucap, Kepala Bappeda Halbar, Sony Balatjai.

Ia menambahkan, dalam Musrembang RPJMD ini juga melakukan singkronisasi program, sehingga pembangunan di daerah dapat berjalan susuai Visi/Misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Dalam RPJMD ini saya berharap adanya singkronisasi program dari masing-masing dinas sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Halbar,”pungkasnya.(J0-1)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!