You are here
Home > Berita > TERKINI > Safari Kebangsaan, Kesbangpol Halbar Berbagi Ribuan Sak Semen

Safari Kebangsaan, Kesbangpol Halbar Berbagi Ribuan Sak Semen

JAILOLO – Senin(9/8/2021), Dua desa di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, mendapat bantuan semen dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol)Halbar. Pemberian semen itu melalui kegiatan
Safari Kebangsaan dan Kesbangpol bersedekah yang di motori langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Halbar M. Syarif Ali.

Pemberian semen itu diserahkan langsung oleh orang nomor dua di Halbar, dan di terima oleh masyarakat pada dua desa yakni, Gam Lenge dan desa Akelaha, Kecamatan Jailolo Selatan.

Semen yang diserahkan itu di pergunakan untuk pembangunan mesjid dan gereja dimasing-masing desa setempat.

Wakil Bupati Halbar Djufri Muhamad di kesempatan itu menyampaikan, pemerintah daerah telah menjalankan berbagai program untuk masyarakat.

Dari berbagai program yang dijalankan, ada juga terkait pembangunan rumah ibadah.

Untuk pembangunan rumah ibadah, baik mesjid maupun gereja di Halbar masih sangat membutuhkan uluran tangan dari pemerintah, karena masih banyak rumah ibadah yang belum dibangun secara sempurna.

“Di beberapa tempat yang saya kunjungi, seperti di loloda, banyak sekali rumah ibadah yang sangat tidak layak, ini bagian dari masalah yang harus diperhatikan oleh kami selaku pemimpin daerah,”tegasnya.

Wabup bilang, pemerintah mempunyai kewajiban untuk memperhatikan apa yang menjadi keinginan masyarakt, teruntuk rumah ibadah.

“Pembangunan masjid dan gereja juga menjadi prioritas dalam kepemimpinan saya dan Pak Bupati James Uang, karena itu juga sangat penting untuk masyarakat di Halbar,”cetusnya.

Terpisah, Kaban Kesbangpol Halbar, M. Syarif Ali menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka safari kebangsaan dan Kesbangpol bersedekah.

Kegiatan safari kebangsaan ini adalah sebuah kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh badan Kesbangpol Halmahera barat, dengan beragam macam program, seperti pembagian Alquran kemudian pembagian sepeda dan buku-buku anak sekolah dan saat ini kita bagikan semen untuk masjid dan gereja.

Kata, Kaban, Ini semua dilakukan atas perintah pimpinan melalui Bupati dan wakil bupati agar bagaimana bisa mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

“Semoga dengan adanya program seperti ini, kita berupaya untuk bagaimana mendekatkan masyarakat dan pemerintah lewat kerja bakti, jadi tidak sekedar datang memberikan bantuan, tetapi juga berpartisipasi aktif dari pemerintah untuk turun ke desa dan bekerjasama dengan masyarakat,”cetusnya.

Lafdi sapaan akrabnya menyampaikan, dalam kegiatan safari kebangsaan ini, kami rangkum dia dalam bentuk kegiatan Kesbangpol bersedekah, kalau kita dalam setiap hari, saat kita mendengar kata sedekah, itu sering kita tafsirkan sebagai sebuah konsep yang kemudian bagaimana menjelaskan tentang seseorang mendonasikan sebagian harta kekayaan mereka dalam bentuk materi atau uang untuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, tetapi dalam bersedekah ini kami artikan dia dengan artian “berbagi sesama dengan kasih”.

“Semen yang kami distribusikan nanti di seluruh kecamatan, dan itu berjumlah kurang lebih 1000 sak semen, semua itu kami arahkan pada pembangunan masjid dan gereja,”ujarnya.

Mantan Kabag Humas Halbar ini berharap, agar program ini nanti akan berdampak terhadap penciptaan kondisi kerukunan dan ketertiban masyarakat dalam keberagaman umat yang ada di Halmahera barat.(J0-1)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!