You are here
Home > Berita > JURNAL DESA > Puluhun Tahun Tak Teraliri Listrik, Warga Maba Utara Harap Pemda Beri Solusi

Puluhun Tahun Tak Teraliri Listrik, Warga Maba Utara Harap Pemda Beri Solusi

Haltim, Jurnalone.id – Warga di Kecamatan Maba Utara, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), merasa di anak tirikan dari fasilitas penerangan aliran listrik.

Pasalnya warga sudah berpuluh tahun tingan tak mendapatan pasokan aliran listrik dari PLN yang masuk ke Desa mereka yakni, Desa Patlean, Desa Patlean Jaya, Desa Jara-jara, Desa Pumlanga, Desa Lili, Desa Sosolat, Desa Lolasita dan UPTD Trans diKecamatan setempat.

”¬† Sejak Indonesia merdeka hingga hari ini tidak pernah melihat dan mengetahui bentuk serta rupa dari cahaya lampu dari aliran listrik dari PLN, ” kata Akmal Laeda kepad awak media, Rabu (26/5/2021).

Akmal menyatakan, padahal jarak Desa-desa mereka tak jauh dari PLN di Kecamatan itu hanya 5-15 kilometer. Karena PLN tersebut berlokasi di Desa Wasileo yang berdekatan dengan UPTD Trans dan sejumlah Desa itu.

Dengan kondisi yang lebih dari keprihatinan ini, mereka (ribuan kepala keluarga) dari Desa-desa tersebut, berharap, Pemerintah Daerah Kabupaten Haltim bisa hadir sebagai untuk memberikan solusi agar dapat menjawab kebutuhan warga.

“Bayangkan, sudah berpuluh-puluh tahun kami tinggal di sini tapi sampai hari ini kami tidak disentuh infrastruktur listrik PLN”, ujar Akmal.

Akmal juga menyampikan, kondisi tersebut jika terus dibiarkan maka generasi di daerah ini akan sulit mengasah kemampuannya baik itu dibidang pendidikan maupun teknologi.

“Untuk itu, kami sangat berharap kehadiran Pemerintah Daerah agar menjawab keluh dan kesah kami yang sudah berlangsung puluhan tahun ini”, ujar akmal seraya berharap kepada Pemda Haltim.

Lanjut akmal, hingga saat ini warga masih menggunaian penerangan pada malam hari dengan menggunakan penerangan tradisional (pelita), sehingga hal ino diharapkan kepada Pemerinrah Daerah agar dapat memberikan solusi bagi mereka.(Isman)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!