You are here
Home > Berita > JURNAL DESA > Sebanyak 296 Orang Bakal Calon Pilkades di Morotai Ikut Tes Antigen dan Tes Urine Narkoba 

Sebanyak 296 Orang Bakal Calon Pilkades di Morotai Ikut Tes Antigen dan Tes Urine Narkoba 

Morotai, Jurnalone.id – Sebanyak 88 calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menjalani tes antigen di Puskesmas Daruba dan tes urine di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat, sebagai persyaratan untuk mengikuti Pilkades Serentak 2021.

“Kami sedang mengadakan kegiatan rapid tes dan tes urine bagi para calon kepala desa, nantinya dengan adanya rapid tes dan tes urine ini akan kami keluarkan surat keterangan sweb antigen dan bebas narkoba sebagai salah satu syarat berkas untuk kepala desa,” kata Kadis DPMD Kabupaten Pulau Morotai, Marwan Sidasi, Kamis (29/04) hari ini.

Ia menjelaskan, sejumlah desa di Kabupaten pulau morotai saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan pilkades dengan salah satu syarat bagi calon kepala desa harus bebas dari corona dan penyalahgunaan narkoba.

Lanjut dia, pemeriksaan rapid tes dan tes urine dilaksanakan selama dua hari ini diikuti sebanyak 296 orang bakal calon kepala desa dari 88 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten pulau morotai.

Sementara itu, salah seorang bakal calon kepala desa dari desa Sabala, Kecamatan Morotai Selatan, Jamil Kutjil menyatakan, sudah melewati beberapa tahapan yang harus ditempuh dalam pencalonan sebagai persyaratan Pilkades serentak yakni termasuk tes terakhir yaitu tes antigen dan tes urine.

“Ada banyak item yang harus ditempuh, yang terakhir ini ada di puskesmas Daruba dan BNN untuk administrasi karena terjadwal masa berlakunya satu hari, maka untuk pencalonan kades diberi toleransi bisa satu minggu, sehingga tinggal menunggu screening nanti,” ujarnya.
(oje)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!