You are here
Home > PEMERINTAHAN > Sebanyak 34 APIP Ikuti Diklat Probity Audit Dari BPKP Maluku Utara

Sebanyak 34 APIP Ikuti Diklat Probity Audit Dari BPKP Maluku Utara

Ternate, Jurnalone.id – Dalam rangka meningkatkan kapabilitas APIP di Wilayah Maluku Utara, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bersinergi dengan Pusdiklatwas BPKP dan Inspektorat Provinsi Maluku Utara, menyelenggarakan diklat Probity Audit bagi APIP Inpektorat Se-Maluku Utara pada, Senin pagi (05/04/2021), bertempat di Aula Ternate, Hotel Grand Daffam Bela Ternate.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli, dalam laporannya menyampaikan bahwa, terdapat 34 APIP se-wilayah Maluku Utara, yang akan mengikuti Diklat Probity Audit ini.

Selanjutnya, Zulkifli menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan diklat ini sebagaimana telah tercantum dalam PP 11 tahun 2017, dalam rangka pengembangan kompetensi teknis melalui pelatihan untuk memenuhi kebutuhan standar kompetensi jabatan dan pengembangan karier. “Harapannya berharap acara ini berlangsung dengan lancar dan dapat berjalan sesuai integritas,” ucap Zulkifli.

Sementara itu, Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali, menyampaikan apresiasinya kepada BPKP Maluku Utara, yang sudah dapat membatu Inspektorat dalam menyelenggarakan Diklat Probity Audit ini.

” Saya berharap dengan diselenggarakannya Diklat Probity Audit ini dapat meningkatkan pengetahuan para APIP dalam mencegah dan meminimalisir penyimpangan dan memperbaiki akuntabilitas dalam pembangunan,” ucap Nirwan.

Selanjutnya Nirwan juga menegaskan bahwa, Inspektorat Daerah sebagai Aparat ”Pengawasan Internal” harus tegas dan sigap dalam mencegah penyimpangan sehingga dapat menciptakan akuntabilitas daerah.

” Inspektorat Provinsi akan melaunching Aplikasi Sistem Manajemen Pengendalian Internal Inspektorat Provinsi Maluku Utara (SIMWASTER), Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Inspektorat (SIPADAT), Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk Surat Keluar (SIMASUK), Klinik Konsultasi Inspektorat, dan Inspektorat Berbenah,” jelasnya.

Diketahui Diklat yang digelar itu dibuka oleh Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali. Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta diklat oleh Inspektur yang didampingi oleh Plh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli, Dalnis Bidang P3A Rizal.(red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!