You are here
Home > HUKRIM > Pasca Penyerangan Mabes Polri, Polda Malut Tingkatkan Pengamanan 

Pasca Penyerangan Mabes Polri, Polda Malut Tingkatkan Pengamanan 

Ternate, Jurnalone.id – Guna mengantisipasi terjadinya aksi teror bom dan penyerangan serupa di wilayah Maluku Utara, seperti  yang dilakukan teroris di Makassar dan Mabes Polri pada, Rabu (31/03/2021) kemarin. Kepolisian Derah Polda Maluku Utara meningkatkan keamanan serta kewaspadaan di seluruh Kantor-kantor Kepolisian di sepuluh kabupaten kota di wilyah di Maluku Utara.

Peningkatan kewaspadaan dilakukan dengan memperketat pegaman mulai dari kantor Mapolda hingga Polres jajaran, serta adanya pegaman di setiap rumah ibadah pada saat ibadah berlangsung dan ruang publik. Selain itu juga pengaman dilakuka dengan menggelar patroli secara rutin.

Dari amatan Jurnalone.id, Kamis (01/04/2021) pagi, pengaman dilakukan di kantor Mapolda Malut cukup ketat dilakukan. Sejumlah aparat bersenjata laras panjang dan petugas Pamovid melakukan siaga disetiap pintu masuk kantor Mapolda.Terlihat warga yang datang ke Mapolda harus melewati pemeriksaan petugas secara ketat di pintu masuk Mapolda.

Wakpolda Maluku Utara, Brigjan Pol  Eko Prasetyo Siswanto mengatakan, adanya peningkatan pengamanan yang dilakukan Polda jajaran ini berdasarkan arahan dari Mabes Polri pasca insiden bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan dan aksi penyerangan oleh teroris di kantor Mabes Polri, Rabu (31/03/2021) kemarin.

Wakapolda berharap dengan peningkatan pengamanan di wilayah Maluku Utara ini dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat.

” Ini Arahan dari pusat ke jajaran Polda dan kami sudah menindaklanjuti untuk meningkatkan pengamanan markas maupun asrama dan juga petugas melaksanakan Tugas-tugas dilapangan, setiap kantor agar meningkatkan pengamannya. Pengamanan juga dilakukan di rumah ibadah apalagi sebentar lagi Sodara-sodara kita memperingati hari paskah,   Polda Malut meninta kepada jajaran agar memberikan keamanan, lakukan kegiatan patroli agar memberikan jaminan kepada sodara kita yang memperingati paska,” ungkap Wakapolda.

Lanjutnya, Ia juga berharap kerja sama dari masyarakat untuk selalu memberikan informasih mana kala melihat atau mendengar sesuatu yang tidak biasanya bisa disampaikan kepada petugas.

” Tingkat RT, RW dan Camat bisa bekerja sama dengan Babinsa dan Baninkamtimas, Toko-toko masyarakat untuk memberikan informasih. Situasi seperti ini, kami juga minta kepada masyarakat agar tetap tenang beraktifitas seperti biasanya,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol, Adip Rojikan menyampaikan, meski adanya peninhkatan pengamanan di setiap kantor Kepolisian, namun diharapkan kepada masyarakat agar tidak merasa takut dengan situasi saat ini.Ia mengatakan pelayan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasanya.

” Sesungguhnya pengawasan dan pengaman berjalan seperti biasa, namun karena adanya kejadian seperti itu maka kita harus meningkatakan tanpa kita menngesampingkan pelayanan kepada masyarakat, karena tugas kita adalah melayani masyarakat, jadi harapan kami masyarakat yang berurusan dengan pihak Kepolisian tidak usa merasa takut tetaplah seperti biasanya. Polda Maluku Utara terus melakukan perbaikan pengawasan dan pengamanan sehingga dipastikan Kondisi-kondisi seperti itu tidak terjadi,” ucap Adip.(red)

Leave a Reply

Top