You are here
Home > Berita > EKONOMI > Puluhan Hektar Tanaman Padi di Halmahera Utara Tersapu Banjir Petani Merugi

Puluhan Hektar Tanaman Padi di Halmahera Utara Tersapu Banjir Petani Merugi

Halut, Jurnalone.id – Petani di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, merugi, pasalnya hujan deras yang meguyurur daerah itu menimbulkan banjir bandang pada, Sabtu (16/01/2021) pekan lalu sehingga menyapu puluhan hektar sawah yang ditanami tanaman padi milik petani di dua kecamatan yakni kecamatan Kecamatan Kao Barat dan Kecamatan Galela Barat rusak.

“Setelah kami melakukan pemantauan atas musiba banjir yang menimpah warga, banyak tanaman-tanaman pertanian yang rusak. Di Kao Barat sekitat 25 hektar yang rusak, area sawah yang tergenang banjir termasuk yang siap panen dan ada sementara dalam proses pertumbuhan,” kata Kepala Dinas Pertanian Hslmahera Utara, Daud Jumat (22/01/2021).

Selain tanaman padi, di Kecamatan Galela Barat yang merupakan basis daerah tanaman Holtikultura juga takluput dari terjangan banjir dan para petani gagal panan dan sangat merugi.

“Di Galela, secara keseluruhan kerugian yang dialami petani terutama Horti. Banyak yang gagal panen karena tersabu banjir, seperti kelapa, pala, kakao, oleh karena itu, oleh karena itu kedepan perlu adanya peningkatan petani tidak selayaknya menanam di badan sungan lagi paling tidak menjauh 200 meter dari bibir sungai,” katanya.

Daud menyatakan, saat ini Pemerintah Daerah berupaya menanggulangi kerugian para petani, dengan memberikan bantuan berupa bibit dan pupuk secaa cuma-cima. Hal ini diharapkan pasca bencana banjir para petani bisa kembali bercocok tanam.

“Kami dari Pemda setelah berkoordinasi dengan Kementrian, kami akan membantu dalam hal ini bibit dan pupuk secepatnya, dan dalam tahun anggaran ini ada bantuan berupa bibit untuk masyarakat,” ungkapnya.(red)

Leave a Reply

Top