You are here
Home > Berita > TERKINI > Diguyur Hujan Lebat, Beberapa Desa di Halbar Dilanda Banjir

Diguyur Hujan Lebat, Beberapa Desa di Halbar Dilanda Banjir

JAILOLO – Hujan lebat melanda Kabupaten Halmahera Barat sejak Jumat (15/01/2020) hingga, Sabtu (16/01/2020), mengakibatkan terjadinya banjir dibeberapa titik di Halbar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat, Abdullah Ishak saat di confirmasi awak media  Sabtu(16/11), mengatakan, bahwa sementara ini pihak anggota BPBD telah di terjunkan ke lapangan guna mengecek beberapa desa di Halbar yang tertimba banjir.

“Kami baru pulang dari beberapa titik di Kecamatan Jailolo dan Sahu, sementara agak redah, untuk di Kecamatan Jailolo Selatan, ibu dan Loloda masih tetap siaga karena curah hujan di 3 Kecamatan ini lebih tinggi dari Jailolo dan Sahu,”ungkap Abdullah.

Ia menjelaskan, untuk banjir yang terjadi di Desa Domato Jailolo Selatan itu dikarenakan ada Unjung Talud penahan banjir yang kosong sehingga banjir meluap keluar di jalan lintas Sidangoli-Jailolo.”Sempat ada beberapa kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut karena air yang meluap di jalan itu,”kata Kadis BPBD.

Abdullah menambahkan, bukan hanya di Kecamatan Jailolo Selatan dan Sahu, tetapi di Kecamatan Ibu ada satu desa dan Kecamatan Loloda juga ada kurang lebih dua Desa yang dilanda banjir akibat hujan deras ini.

“Saya baru saja dapat laporan dari pak camat Loloda, bahwa di Desa Barataku, Desa Pumadada dan Desa Linggua juga terjadi banjir akibat curah hujan yang deras dan sementara ada staf BPBD yang ada di Loloda saya perintahkan turun melakukan pengecekan lansung ke lokasi,”jelasnya.

Ia juga berharap, tidak ada korban jiwa maupun materil oleh warga yang tertimpa banjir saat ini, warga Halbar terus waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi di Halbar.”cuaca ekstrim ini terjadi bukan hanya di Halbar tetapi hampir seluruh Maluku Utara, jadi kami mengimbau kepada warga yang melintas di darat maupun di laut agar lebih waspada karena cuaca masih sangat ekstrim,”harapnya.

Leave a Reply

Top