You are here
Home > POLITIK > Sultan Tidore Harap Prangkat Adat Tidak Membawa Simbol dan Nama Kesultanan Untuk Kepentigan Politik

Sultan Tidore Harap Prangkat Adat Tidak Membawa Simbol dan Nama Kesultanan Untuk Kepentigan Politik

TERNATE, JO – Sultan Tidore Husain Sjah tegaskan kepada seluruh perangkat adat Kesultanan Tidore tidak membawa nama dan simbol Kesultanan untuk kepentigan politik tertentu pada pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Ketegasan itu disampikan Sultan saat diwawancari sejumlah awak media di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Kamis (29/10). Sultan menyatakan penting disampikan karena posisi Kesultanan Tidore adalah sebagai pengayom semua masyarakat di wikayah Maluku Utara.

” Saya ingin menyampikan semua masyarakat di Maluku Utara, disemua kabupaten/ kota bahwa Kesultanan Tidore memposisikan diri menjadi pengayom bagi semua masyarakat. Oleh karena itu keputusan politik Kesultanan Tidoren tidak berpihak pada kandidat tertentu kita tetap netral,” ujar Sulatan.

Lanjutnya, untuk memberikan hak politik setiap orang, perangkat adat Kesultan Tidore dipersilhkan memberikan hak politiknya di daerah masing-masing sesuai pilihan hati untuk menentukan pemimpin kepala daerahnya asalkan simbol dan nama besar Kesultanan wajib dijaga pada momentum politik ini.

” Para perangkat adat mempersilahkan masing- masing punya hak politik untuk memilih dan memilah yang jelas bahwa tidak boleh membawa nama-nama dan simbol- simbol adat Kesultanan Tidore untuk mendukung salah satu pasangan baik di Tidore mapun di mana saja mereka berada di wilayah Maluku Utara,” tegasnya.

Sultan yang juga Anggota DPD RI pada daerah pemiluhan wilayah Maluku Utara mengharapkan, seluruh masyarakat di 8 daerah agar menaati semua aturan dan tetap menjaga kedamaian berpolitik sehingga benar-benar melahirkan pilkada yang jujur dan adil sesuai harapan kita semua.

” Saya sebagai Sultan berharap pilkada ini bisa berjalan secara adil, secara netral. Pilih sesuai dengan pilihan hati nurani jatukan pilihan pada figur yang tepat bisa membawa bahtera daerahnya masing-masing ketempat tujuan yang lebih baik,” harap Sultan.(02/red)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!