You are here
Home > Berita > TERKINI > Pjs Bupati Halbar Irup Hari Santri Nasional 2020

Pjs Bupati Halbar Irup Hari Santri Nasional 2020

JAILOLO – Dalam rangka memperingati Hari Santri ke-5, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat Kamis(22/10), melaksanakan upacara hari santri nasional. Upacara tersebut berlangsung dihalaman kantor kementerian agama kabupaten Halmahera Barat.

Upacara itu dipimpin langsung Pejabat Sementara(Pjs) Bupati Halmahera barat, M.Rizal Ismail, yang juga dihadiri kepala Kantor Kemenag Halbar Drs.Hasbullah Tahir, unsur pimpinan SKPD, siswa siswi beserta jajaran guru.

Pjs dalam sambutannya menyampaikan,  Kita patut bersyukur bahwa kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah di tetapkan oleh presiden Joko Widodo menjadi hari santri memalui keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri.

Tanggal 22 Oktober Kata Rizal, merujuk pada tercetusnya Revolusi Jihad yang berisikan fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Revolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik pada tangal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan.

Selain penetapan Hari Santri, Pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren. UU ini memberikan Afirmasi dan fasilitasi terhadap Pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

“Dengan adanya Undang-undang ini, Pesantren lebih implementatif. Kementerian Agama diberikan mandat untuk mempersiapkan regulasi turunannya berupa peraturan Presiden tentang pendanaan penyelenggaraan Pesantren,”ungkap, Rizal.

Rizal menambahkan, Untuk memperingati hari Santri tahun ini, secara khusus mengusung tema”Santri Sehat Indonesia Kuat”.Isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional tak terkecuali indonesia saat ini tengah dilanda Pandemi global Corona Virus Disease(COVID-19).

Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita dalam memdorong kemandirian para pesantren dan keluarga besar pesantren untuk selalu menjaga kesehatan agar bisa melewati pandemi Covid-19.

“Terimah kasih kepada seluruh Santri Indonesia  atas peran dan kontribusinya kepada umat, bangsa dan negara.”Selamat Hari Santri, mari kepalkan tangan dengan bersama-sama memgucapkan Santri Sehat Indonesia Kuat,”ajakan Rizal.(red)

Leave a Reply

Top