You are here
Home > Berita > KESEHATAN > Jelang Akreditasi, Dinkes Halbar Gelar Workshop

Jelang Akreditasi, Dinkes Halbar Gelar Workshop

JAILOLO – Menjelang akreditasi tahun 2020, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Barat menggelar workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi. Kegiatan workshop itu berlangsung di Hotel Karunia Kecamatan  Jailolo, Rabu (21/10).

Peserta yang mengikuti tersebut adalah kepala Puskesmas se Halbar, Ketua Pokja UKM, UKP, Admin, Ketua Tim Mutu serta Tim Pendamping Akreditasi Puskesmas, sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Empat orang Surveyor Akreditasi FKTP dari Provinsi Malut, yang ditunjuk langsung oleh Kemenkes RI.

Upaya peningkatan Mutu pelayanan itu dilihat dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni, Keselamatan Pasien, Audit Internal dan, Tinjauan manajemen serta pencegahan dan pengendalian Infeksi bagi Petugas Puskesmas tahun 2020.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Dinkes Halbar, Sahril Amin. Selaku ketua Panitia, dalam sambutannya menyampaikan, dalam menguatkan mutu pelayanan, puskesmas wajib diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali.

Proses akreditasi Puskesamas itu dilakukan oleh lembaga independen, yang diberikan kewenangan oleh Kementrian kesehatan RI. Berdasarkan kode etik dan ketentuan pelaksanaan yang berlaku.

“Narasumber yang hadir akan berikan pengetahuan dan pemahaman kepada Peserta workshop, tentang pentingnya akreditas Puskesmas, “ujarnya.

Dirinya pun berharap kepada masing- masing keterwakilan dari Puskesmas, agar bisa dapat mencerna dengan baik penyampaian materi nanti.

“Diharapkan kepada peserta agar dapat mengambil ilmu yang diberikan dari Narasumber (tim Surveyor) Akreditasi, sehingga dapat di jalankan dalam setiap kerja- kerja di Puskesmas,”kata Sahril.

Dikesempatan yang sama, Rosfintje Kalengit, selaku Kadinkes Halbar ketika diconfirmasi, Dia menjelaskan, kunci keberhasilan dalam setiap kerja, harus miliki kekompakan, Kerja Keras, dan Tepat.

“Kita harus bersama- sama (Kerja Keras), mana yang pertama kita dahulukan (Kerja Cerdas), dan harus kita konsisten waktu (Kerja Tepat). Jika itu sudah berjalan searah, maka kita optimis, kita akan meraih kesuksesan,”tuturnya.(red)

Leave a Reply

Top