You are here
Home > Berita > EKONOMI > Maksimalkan Tol Laut, Kapal Pelni Siap Labuhi Morotai

Maksimalkan Tol Laut, Kapal Pelni Siap Labuhi Morotai

MOROTAI, JO – Komasaris Utama PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Ali Maskur siap menambah rute baru untuk pelabuhan yang disinggahi kapal Pelni. Salah satunya adalah pelabuhan Morotai, hal tersebut direncanakan pihak Pelni dengan Pemda mengingat tinggi arus mobilisasi angkut barang dan penumpang dari dan menuju Pulau Morotai, “Mobilitas angkut barang dan orang cukup tinggi, kami Pelni siap untuk mendukung jika Pemda menambahkan rute baru untuk kapal pelni, ” kata Ali Mansur, Senin (19/20).

Ali mengatakan pihaknya sedang mengkaji secara teknik agar pelabuhan Morotai bisa disinggahin KM Dorolonda.”Kalau dilihat dermaganya sudah cukup memadai hanya tinggal menambah sedikit. Pelni mempunyai komitmen melalui tol laut dan aspej usahanya agar masyarakat akses perhubungan barang masyarakat Morotai lancar sehingga tingginya harga pangan bisa ditekan.” terangnya.

lanjutnya dengan adanya tol laut, petani jangan dirugikan karena ini sebagian besar disubsidi, dan subsidi itu jangan hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu atau (Pengusaha Besar) namun  juga harus dinikmati oleh para pedagang kecil, yang modalnya tidak terlalu banyak, agar mereka juga bisa menikmati tol laut tersebut. “Jadi saya sebagai Komisarit Utama sangat senang datang di Morotai untuk melihat kondisi morotai, serta melihat langsung fungsi dan pengembangan tol laut, kemungkinan di bukannya rute kapal penumpang, serta pengembangan posisi strategis rumah kita dalam penyangga barang dan penyanga harga,” ungkapnya.

Bupati Pulau Morotai Beny Laos  menambahkan, bahwa kunjungan kerja sama ini ada dua agenda yang pertama untuk rencananya Kapal Dorolonda bisa masuk di Morotai, kemudian yang kedua sekaligus melihat perkembangan Tol Laut di Morotai. “karena Morotai mempunyai arus barang balik terbanyak untuk seluruh jalur Tol Laut, sehingga Direksi PT. Pelni ingin memberikan semacam semulasi untuk daerah Tol Laut yang lain, agar bisa perkembangannya merata,” kata Beny Laos.(oje)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!